ejakulasi dini

Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke kami baik melalui konsultasi melalui pinBB di D234968A atau melalui nomor hotline di 0811-81-2015 yang menanyakan perihal efektivitas senam Kegel terhadap penundaan untuk masalah ejakulasi . Walaupun memang beberapa menyatakan bahwa senam ini adalah khusus untuk penderita ejakulasi dini, namun masalah efektivitasnya belum dapat terukur dengan optimal, lalu apakah benar bisa memperbaiki masalah ejakulasi? Simak terus!

Senam Kegel yang pertama kali diperkenalkan untuk wanita, untuk melatih otot-otot vagina agar kembali “kencang” ternyata juga diperuntukkan bagi pria. Beberapa ahli awalnya menyatakan bahwa senam ini adalah untuk melancarkan aliran air seni pada pria usia lanjut dengan masalah pembesaran prostat, juga untuk menambah aliran darah agar lancar bagi penderita impotensi atau disfungsi ereksi, serta untuk menunda ejakulasi. Namun, sampai saat ini beberapa pasien kami yang rutin melaksanakan senam Kegel, masih banyak yang mengeluhkan tidak adanya perubahan pada durasi ejakulasi mereka, karena kebanyakan masalah ejakulasi dini diakibatkan masalah gangguan produksi kimia saraf di otak yaitu Serotonin, sehingga kami pun masih merujuk pada pengobatan di tingkat ini, bukan dengan menggunakan praktek senam tersebut.

Sampai saat ini walaupun senam Kegel dinyatakan demikian, namun efektivitasnya belum terukur dengan pasti, karena kebanyakan pria dengan ejakulasi dini kebanyakan berasal dari masalah stres yang bisa memicu kurangnya senyawa kimia saraf di otak yaitu Serotonin. Pria normal, umumnya akan membaik setelah melewati masalahnya.