ejakulasi dini

Ejakulasi dini adalah keadaan dimana pria mendapatkan orgasme dan ejakulasi sesaat atau sebelum penetrasi pada saat berhubungan seks. Dikatakan ejakulasi bila terjadi kurang dari 5 menit, dan bila lebih parah dalam waktu 1 menit atau kurang.

 

Ejakulasi dini adalah gangguan atau disfungsi seks pria terbanyak, bahkan setiap pria bisa mengalami ejakulasi dini karena beberapa kondisi, salah satunya adalah stres psikis. Namun, ejakulasi dini pada umumnya sering disertai juga dengan masalah gangguan ereksi atau impotensi dan bisa terjadi pada pria muda dan tua tanpa mengenal umur, namun lebih sering ditemui pada pria muda.

Tidak heran bagi pasien penderita ejakulasi dini yang datang ke Klinik Lelaki, selain didiagnosis ejakulasi dini juga sering ditemui masalah gangguan ereksi. Bahkan ejakulasi dini, bisa jadi pertanda adanya masalah gangguan ereks atau impotensi dan sebaliknya gangguan ereksi pun sering disertai juga ejakulasi dini.

Gangguan ejakulasi dini perlu mendapatkan perhatian segera oleh dokter. Walaupun memang kebanyakan orang tidak mempermasalahkan ejakulasi dini sama sekali, namun dalam waktu jangka panjang bisa berpengaruh sekali terhadap kelangsungan bahtera rumah tangga pernikahan. Masalah gangguan seks pria ini menyumbang kurang lebih 1/3 penyebab dari total perceraian rumah tangga di dunia.

Kendati ejakulasi dini adalah gangguan atau disfungsi seks pada pria terbanyak di dunia, namun Anda tidak perlu takut gangguan ini bisa berlanjut hingga menimbulkan komplikasi pada rumah tangga, karena ejakulasi dini dapat diobati dan berpotensi untuk sembuh bila ditangani secara medis oleh dokter yang profesional di bidangnya.

 

Penyebab ejakulasi dini

Sampai hari ini cukup banyak spekulasi mengenai penyebab dari ejakulasi dini itu sendiri. Masturbasi atau onani, masih menjadi topik utama sebagai penyebab utama dari ejakulasi dini, beberapa faktor diantaranya:

  • Pola masturbasi dengan menggunakan tangan menyebabkan kulit penis menjadi lebih sensitif, sehingga pada saat berhubungan seks, permukaan kulit penis yang tergesek dengan permukaan vagina menjadi mudah geli dan akhirnya terjadi ejakulasi dengan durasi sangat singkat.
  • Keinginan cepat keluar pada saat onani agar tidak diketahui oleh orang tua pada masa anak-anak menjadi kebiasaan hingga berlanjut pada masa pernikahan.

Walaupun demikian, masturbasi penyebab ejakulasi dini masih menjadi perdebatan dan hanya sebatas hipotesis atau dugaan saja dan belum dipatenkan sebagai penyebab utama ejakulasi dini. Tapi, sudah menjadi alasan klasik bagi penderita ejakulasi dini bahwa kebiasaan masturbasi di usia muda adalah penyebabnya.

Kondisi psikis, seperti stres dan depresi yang berkepanjangan masih menjadi patokan beberapa dokter. Stres berkepanjangan menyebabkan penurunan dari neurotransmiter (senyawa kimia saraf yang dihasilkan di otak) jenis Serotonin. Penurunan kadar Serotonin inilah biangkerok terjadinya ejakulasi dini. Akibat dari rendahnya kadar Serotonin, menyebabkan peningkatan dari permukaan kulit penis menjadi lebih sensitif sehingga pada saat berhubungan seks, menjadi lebih muda geli dan cepat keluar.

Atau anda bisa saksikan video ini penyebab ejakulasi dini:

 

Seputar ejakulasi dini pada masturbasi

Banyak sekali pasien yang bertanya secara online di layanan pasien Klinik Lelaki, bahwasanya ia merasa mengalami ejakulasi dini karena ketika melakukan masturbasi atau onani, lantas mengalami ejakulasi yang sangat cepat. Sesuai dengan definisi dan kriteria ejakulasi dini yang telah dijelaskan diatas, maka ejakulasi yang cepat kala masturbasi tidak dapat dikategorikan sebagai ejakulasi dini. Pertama, karena memang pada saat masturbasi, umumnya ejakulasi sangat dikehendaki cepat oleh pelakunya untuk segera mendapatkan orgasme dan ejakulasi. Kedua, permukaan tangan umumnya kasar dan tidak sehalus permukaan vagina, sehingga ejakulasi yang cepat pada saat masturbasi tidak dapat dikategorikan demikian.

 

Mekanisme ejakulasi

Pada saat pria mendapatkan rangsangan atau stimulus seksual, maka saraf otonom dalam tubuhnya akan bekerja, salah satunya adalah saraf parasimpatis yang menyebabkan terjadi ereksi dari penis. Dan akibat dari ereksi berkepanjangan dan mendapatkan stimulus seks, maka saraf simpatis akan mengambil alih dan menyebabkan terjadi proses ejakulasi.

Orgasme dan ejakulasi adalah dua proses yang berbeda dan terjadi hampir secara bersamaan. Orgasme pada pria ditandai dengan sensasi nikmat seperti rasa geli di sekitar penis dan menyebar ke seluruh tubuh. Umumnya orgasme itu diakibatkan dari kontraksi saluran uretra beserta kelenjar prostat. Sedangkan ejakulasi ditandai dengan keluar dan muncratnya cairan mani (sperma) sebagai akibat dari kontraksi saluran kemih beserta otot-otot di dasar penis yang dikenal juga sebagai bulbospongiosus, dimana dengan melatih otot ini melalui senam Kegel dipercaya oleh beberapa ahli mampu menunda ejakulasi yang terlalu dini.

 

Durasi normal ejakulasi

Normalnya, pria bisa mengendalikan kapanpun dia hendak mengalami ejakulasi. Namun, pada penderita ejakulasi dini, ia tidak bisa menahannya. Beberapa ahli menyimpulkan, sebaiknya pria bertahan hingga 4-8 menit sesuai dengan kemampuan wanita untuk mendapatkan orgasme atau puncak kenikmatan (klimak). Sehingga bila pria mampu bertahan diatas 5 menit, sudah bisa dikatakan optimal, atau bisa lebih dari 18 kali goyangan ketika berhubungan seks.

Para ahli di Amerika menggunakan istilah Intravaginal Ejaculation Latency Time (IELT) atau waktu ejakulasi di dalam vagina kala berhubungan seks, dimana rata-rata IELT untuk pria usia 18-30 tahun adalah 6,5 menit. Sedangkan pria dapat dinyatakan mengalami ejakulasi dini bila IELT kurang dari dua menit.

 

Ejakulasi dini dan orgasme wanita

Di Indonesia walaupun belum ada angka yang pasti, namun kira-kira mirip dengan angka statistik dunia, bahwa 30% dari seluruh populasi wanita di dunia belum pernah merasakan klimaks atau orgasme. Walaupun cukup sulit dijelaskan, namun orgasme pada wanita ciri-ciri yang seperti dirasakan oleh kebanyakan adalah sensasi geli dan nikmat di bawah pusar yang lama-lama akan menyebar ke seluruh tubuh sebagai akibat puncak atau klimaks dari hubungan seks. Hal ini diperparah karena seks di Indonesia masih sangat tabu, sehingga membuat wanita di Indonesia enggan untuk membicarakan dan menyimpannya sendiri tanpa berani mengungkapkannya kepada siapapun termasuk kepada dokter.

Ejakulasi dini berhubungan sekali dengan orgasme wanita, karena umumnya pria yang mengalami masalah seks demikian, umumnya akan lebih cepat keluar sebelum wanita merasakan orgasme, oleh sebab itu dikatakan bahwa kemampuan wanita untuk mencapai orgasme adalah rata-rata 4-8 menit, dan bilamana pria mampu menyaingi kemampuan wanita untuk mendapatkan orgasme, maka dapat dikatakan kehidupan seksnya dalam batas normal atau optimal.

 

Ciri – ciri ejakulasi dini

Adapun pria dengan ejakulasi dini memiliki ciri-ciri demikian:

  1. Kurang percaya diri
  2. Memiliki kepribadian sensitif
  3. Mudah stres dan depresi
  4. Biasanya mudah sekali menghindar untuk berhubungan seks dengan pasangannyaa
  5. Malu-malu

 

Diagnosis ejakulasi dini

Beberapa ahli di negara maju menggunakan patokan IELT, bilamana kurang dari dua menit, pada umumnya dapat didiagnosis mengalami ejakulasi dini dan memerlukan pengobatan. Beberapa ahli pun menggunakan, bilamana ejakulasi dini sudah berlangsung lebih dari setengah dari total keseluruhan hubungan seks yang telah dilakukan seumur hidup, maka pengobatan secara medis diperlukan.

Namun, di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, para ahli menyimpulkan rata-rata penderita ejakulasi dini memiliki skor IELT sebanyak 1,67 menit, artinya bisa disimpulkan rata-rata penderita ini seluruh dunia tidak mampu mempertahankan ejakulasi diatas 2 menit, dan angka ini sangatlah singkat secara durasi sebelum pasangannya mencapai orgasme atau klimaks dari hubungan seks.

 

Ejakulasi dini dan penanganannya

Adapun cara-cara yang dilakukan untuk penanganan ejakulasi dini adalah sebagai berikut:

  1. Pengobatan medis: cara ini adalah yang terbaik karena langsung ditangani oleh ahlinya dan menggunakan obat-obatan farmasi yang telah diketahui efek sampingnya dan biasanya ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya seperti yang dilakukan di Klinik Lelaki.
  2. Terapi psikis: cara ini efektif sekali bagi yang mengalami ejakulasi dini dalam waktu yang cenderung singkat sebagai akibat dari stres psikis.
  3. Terapi seks: beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan oleh pasien itu sendiri sebagai penanganan utama, diantaranya adalah senam Kegel dan beberapa jenis perasat lainnya.

Atau bisa melihat video tentang ejakulasi dini dan penanganan pertama:

 

Kontroversi spray, obat oles, dan tisu ajaib

Banyak sekali beredar di Indonesia beberapa jenis metode pengobatan yang diakui mujarab untuk ejakulasi dini, diantaranya adalah spray, obat yang dioleskan ke penis sebelum berhubungan seks, hingga tisu khusus yang cara kerjanya sama dengan dioles ke permukaan penis.

Beberapa tahun yang lalu, memang ketiga metode pengobatan ejakulasi dini ini masih digunakan luas, hingga hari ini pun masih cukup luas, namun dari beberapa literatur kedokteran yang berkecimpung khusus di kedokteran khusus gangguan seks pria mengatakan bahwasanya ketiga jenis metode pengobatan ini kurang direkomendasikan karena terindikasi ketiga metode ini mengandung obat bius lokal yang akan mematirasakan (membaalkan) permukaan kulit penis yang sensitif, sehingga mampu mengurangi rasa sensitif dan dapat membuat tahan lama selama berhubungan seks. Obat bius ini pun sayangnya bisa juga diserap oleh permukaan dinding vagina kala berhubungan seks, sehingga sensitivitas vagina pun berkurang. Sayangnya juga pengobatan ketiganya hanya memberikan sifat sementara dan bukan untuk jangka panjang.

Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, pastikan Anda memilih metode pengobatan medis yang sudah baku dan dilakukan oleh profesional medis dokter. Banyak sekali beredar di masyarakat penggunaan obat yang belum diketahui dengan pasti khasiatnya yang bahkan bisa membuat efek samping yang tidak diinginkan.

 

Mitos seputar ejakulasi dini

  • Pria dengan ejakulasi dini kurang subur (mandul). Pada kenyataannya ejakulasi dini tidak berhubungan dengan masalah fertilitas atau status kesuburan seorang pria. Dalam beberapa kali kunjungan pasien dengan ejakulasi dini ke Klinik Lelaki, didapatkan rata-rata sudah memiliki keturunan lebih dari dua.
  • Tidur dengan pasangan lain mengobati ejakulasi dini. Masalah ejakulasi dini disebabkan utamanya dari dalam tubuh pria penderitanya. Beribu sayang cara ini pernah dicoba oleh beberapa pasien di Klinik Lelaki, dan hasilnya malah diluar harapan, sama saja bahkan cenderung lebih cepat keluar dengan wanita lain dikarenakan rasa stres dan takut berlebihan.
  • Pria perjaka pasti mengalami ejakulasi dini. Hal tersebut sering diungkapkan di masyarakat bahwa seks pertama kali pada pria akan cepat keluar. Tergantung pada kondisi psikis, bilamana dilakukan dengan rasa bahagia, tentunya ejakulasi dini belum tentu terjadi.
  • Penderita ejakulasi dini pasti mengalami mani encer. Kekentalan dari air mani atau sperma sangat dipengaruhi oleh frekuensi ejakulasi itu sendiri, dan semakin sering ejakulasi maka kekentalannya akan semakin berkurang dan tidak ada hubungannya dengan ejakulasi dini.
  • Diagnosis ejakulasi dini dapat ditentukan dari cepatnya ejakulasi pada saat masturbasi atau onani. Hal ini tidaklah benar karena pada saat masturbasi umumnya ejakulasi dikehendaki dengan cepat untuk segera memuaskan pelakunya secara seksual meskipun tanpa berhubungan seks sama sekali. Sedangkan ejakulasi dini erat hubungannya dengan kemampuan pria bertahan kala berhubungan seks dengan pasangan wanitanya.
  • Masalah ejakulasi dini adalah akibat diguna-guna, sehingga cukup banyak dari pasien kami yang menggunakan jasa paranormal untuk mengatasi. Kendati sudah “diobati” dengan cara yang paranormal, kebanyakan mengeluhkan tidak banyak perubahan yang signifikan dengan status durasi ejakulasi yang mereka rasakan.

 

Fakta seputar ejakulasi dini

  • Ejakulasi dini tidak hanya menyerang pada pria usia tua yang sering disertai dengan impotensi atau disfungsi ereksi, tapi juga bisa ditemukan pada pria usia muda bahkan masih dalam kondisi produktif.
  • Kondisi ejakulasi yang cepat keluar ini bukan hal yang sepele, dalam kunjungan beberapa pasien yang mengalami masalah demikian, dilaporkan bahwa kondisi rumah tangga mereka sudah berantakan karena memang tidak bisa memuaskan pasangannya, atau bahkan tidak dapat melakukan hubungan seks dengan optimal.
  • Ejakulasi yang terlalu cepat membuat prianya menjadi minder bahkan akan sangat kurang melakukan hubungan seks dan mudah stres. Untuk itu penanganan gangguan seks ini bukan saja dengan pengobatan bahkan harus dengan konseling untuk terapi psikis.
  • Banyak sekali dari pasien dengan ejakulasi dini yang membiarkan masalah ini pada awalnya hingga cukup banyak keluhan datang dari pasangan atau istrinya.
  • Walaupun butuh kesabaran dan waktu, ejakulasi dini adalah gangguan seks pria terbanyak yang bisa diobati. Anda tidak perlu merasa minder atau rendah diri dengan kondisi ini. Daripada banyak mendengar dari kerabat yang belum tentu benar, segera konsultasikan kepada dokter yang berpengalaman di bidangnya.

 

Penanganan ejakulasi dini di Klinik Lelaki

Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dan lebih dari 20.000 pasien yang telah terbantu selama ini, untuk masalah ejakulasi dini, Klinik Lelaki selama ini terus berinovasi dan melakukan penelitian lebih lanjut untuk potensi kesembuhan bagi masalah gangguan seksual pria ini.

Ejakulasi dini di Klinik Lelaki dapat diobati, bahkan berpotensi untuk sembuh. Untuk itu ikuti langkah berikut ini sebelum Anda berobat ke Klinik Lelaki.

  1. Catat nomor hotline Klinik Lelaki yang tertera di halaman depan (homepage) ini.
  2. Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bertugas menjawab konsultasi melalui telepon ataupun chat Whatsapp atau BBM.
  3. Buat janji dengan dokter yang menjawab konsultasi untuk menentukan hari.
  4. Datang ke Klinik Lelaki untuk konsultasi selama kurang lebih 1 jam dan melakukan pemeriksaan fisik oleh dokter yang bertugas.
  5. Dapatkan terapi pengobatan yang dianjurkan terbaik oleh dokter secara medis.

Begitu mudah sekali untuk berobat ke Klinik Lelaki untuk masalah ejakulasi dini. Segera lakukan konsultasi GRATIS dengan dokter sekarang juga!

 

Baca juga:

  1. Ejakulasi Dini:Gangguan Seksual Pria Terbanyak
  2. Seks Juga Adalah Hak Wanita
  3. Ejakulasi Dini Itu Goyang Dikit Mudah Geli

 

Sumber bacaan artikel ini: