ejakulasi kedua Tanya:

Dok saya pria umur 34 tahun dan sudah menikah selama 5 tahun dan memiliki anak perempuan satu. Semenjak awal nikah saya sudah mengalami ejakulasi dini dan saya menyadari itu. Kemampuan saya ejakulasi pada saat berhubungan seks dibawah rata-rata hanya 2-3 menit saja karena begitu saya memulai rasanya geli sekali dan cepat keluar. Namun, setelah saya keluar sekelipun saya masih bisa menahan ereksi dan biasanya untuk mendapatkan ejakulasi kedua kalinya saya bisa tahan lebih dari 5 menit sampai istri saya bisa mendapatkan orgasme, tetapi sayangnya ereksi yang setelah ejakulasi pertama tidak sekeras bahkan terkadang bisa loyo tengah jalan. Kira-kira itu kenapa ya dok? Apakah saya mengalami impotensi sesuai dengan ciri-ciri yang dokter sebutkan di beberapa artikel di kliniklelaki.com? Sebagai informasi ereksi saya pertama kalinya keras.

Yanto – Surabaya

Jawab:

Menurut ilmunya, pria ketika telah mendapatkan orgasme dan ejakulasi akan masuk ke dalam fase laten, dimana pria membutuhkan waktu pemulihan dan ini bervariasi mulai dari 1 hingga 60 menit untuk siap kembali mengalami ejakulasi. Beberapa bahkan bisa mempertahankan ereksinya sesudah ejakulasi yang pertama untuk siap ejakulasi kedua kalinya, namun beberapa membutuhkan waktu lebih lama bahkan durasinya lebih panjang dibandingkan ejakulasi pertama kalinya. Masalah mati di tengah jalan sebelum ejakulasi kedua, bisa saja karena sebelumnya saya sebutkan bahwa pria membutuhkan masa pemulihan, bahkan beberapa bisa tidak ereksi sama sekali sebelum bisa ereksi, dan ini bukan masalah atau ciri-ciri yang masuk ke dalam masalah disfungsi ereksi.

Perlu diketahui bahwa, pria yang cenderung mengalami ejakulasi dini bisa saja mengalami masalah disfungsi ereksi, untuk itu memang sebaiknya bapak berkonsultasi langsung kepada dokter untuk informasi lebih lengkapnya.

dr. Mohammad Caesario – Klinik Lelaki Bandung