impotenImpoten atau disfungsi ereksi pada umumnya dialami oleh pria pada usia dewasa tua, yaitu rata-rata diatas 40 tahun, namun ada kalanya masalah ini bisa dialami oleh pria dengan usia muda. Data di kami kurang lebih sebanyak 12-15% dari total keseluruhan pasien kami adalah pria muda dari usia 20-40 tahun yang sudah mengalami impotensi. Lalu apakah penyebabnya? Simak terus!

Syarat untuk terjadinya suatu ereksi yang optimal harus dibutuhkan 3 komponen ini: hormon, pembuluh darah, dan saraf, dimana ketiganya harus dalam keadaan baik. Selain itu faktor lainnya seperti psikis juga bisa bermain peranan yang cukup besar dalam proses terjadinya ereksi yang baik atau impoten.

Pada usia muda, masalah impotensi mungkin saja dapat terjadi. Penyebab tersering diantaranya adalah masalah psikis akibat stres ataupun depresi, penyebab lainnya adalah misal konsumsi obat-obatan masalah kejiwaan, serta penyakit-penyakit yang memungkinkan terjadinya onset impoten di usia muda diantaranya adalah Multiple Sclerosis dan penyakit ginjal.