impotenUmumnya impoten lebih sering ditemui pada pria di usia dewasa lanjut sekitar diatas 50 tahun, namun tidak menutup kemungkinan pria dibawah 40 tahun pun bisa mengalaminya, salah satunya yang mungkin penyebabnya adalah penyakit kencing manis, atau yang lebih sering dikenal juga sebagai Diabetes Mellitus.

Pengalaman kami yang terjadi minggu lalu, pria berusia 38 tahun, dalam keadaan tubuh obesitas atau mengalami kegemukan, datang dengan keluhan utama ereksi yang kurang mantap atau impoten. Seperti yang sering kami lakukan adalah melakukan skrining terhadap gula darah, terntata pria ini memiliki kadar gula darah sewaktu yaitu 380 mg/dl dimana batas normal untuk pemeriksaan serupa seharusnya di angka 90-140 mg/dl. Angka yang cukup tinggi pada pasien ini, kami asumsikan sementara adalah sebagai penyebab utama dari penyakit Diabetes yang dialaminya.

Pria dengan Diabetes memiliki risiko 6-10 kali lipat untuk menderita masalah impotensi, bahkan dapat terjadi lebih dini pada usia dibawah 40 tahun. Bahkan statistik menunjukkan bahwa pria antara 40-50 tahun yang bermasalah impoten hanya sekitar 10% saja. Lalu, bila saat ini Anda mengalami masalah impotensi pada usia yang masih sangat muda sekali, skrining pemeriksaan kadar gula di dalam darah mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk mencari penyebab impoten yang Anda alami, terlebih lagi bila ada keturunan Diabetes dari orang tua Anda.

Klinik Lelaki