Impoten Akibat Gejala Metabolik Sindroma

sindroma metabolik, klinik lelaki, impotensi

Mungkin Anda semua cukup asik dengan istilah sindroma metabolik yang merupakan sekumpulan gejala yang bisa ditemui pada beberapa pria yang memiliki masalah dengan kegemukan.

Ternyata sindroma metabolik ini adalah salah satu faktor risiko tertinggi sebagai penyebab impoten. Hampir sepertiga dari total pasien kami yang mengalami impotensi pada usia diatas 40 tahun, memiliki masalah dengan sindroma metabolik. Apa persisnya sindroma ini? Simak terus!

Definisi sederhana dari sindroma metabolik adalah sekumpulan gejala medis penyebab impoten yang meliputi:
1. Obesitas atau kegemukan berupa akumulasi lemak di sekitar perut
2. Peningkatan dari tekanan darah
3. Tingginya kadar gula darah puasa
4. Kadar trigliserida yang meningkat
5. Dan tingginya kadar kolesterol jahat (LDL)

Pria dengan kelima gejala diatas, sudah hampir dipastikan memiliki risiko tinggi terhadap beberapa penyakit metabolik, diantaranya PJK (Penyakit Jantung Koroner) dan diabetes. Sudah dapat dipastikan bahwa kadar lemak darah dan gula yang tinggi di dalam darah merupakan faktor risiko terhadap kerusakan pembuluh darah di penis yang berujung pada impoten.

Untuk itu bila Anda merasakan memiliki 5 gejala yang disebut diatas kami sangat menyarankan untuk memulai berkonsultasi ke dokter dan bila perlu melakukan sejumlah perubahan gaya hidup dan memperbanyak olahraga untuk menurunkan risiko terhadap penyakit PJK dan diabetes yang bisa berujung pada impoten.