kemandulan

Terkadang masalah infertilitas atau kemandulan bisa menjadi masalah yang sangat sensitif untuk dibahas di dalam rumah tangga. Namun, sebuah pasangan dapat dikatakan kurang subur apabila dalam kurun waktu 1 tahun telah melakukan hubungan seksual dengan rutin dan tanpa menggunakan kontrasepsi atau KB, namun belum menghasilkan pembuahan atau kehamilan, lantas inilah yang bisa disebut juga sebagai ketidaksuburan.

Untuk masalah mana yang kurang subur keduanya baik pria maupun wanita memegang peranan penting yaitu 50% banding 50%. Untuk membuktikan masalah kemandulan ini, biasanya dokter akan meminta pemeriksaan terlebih dahulu kepada pihak suami atau pria, karena pemeriksaannya cenderung lebih mudah, dimana pria hanya diminta untuk mengejakulasikan sperma untuk dilakukan serangkaian tes yang dikenal juga sebagai analisis sperma.

Masalah ketidaksuburan atau kemandulan bukanlah suatu bentuk wadah saling menyalahi, karena keduanya memegang peranan penting 1:1, jadi sebelum melakukan saling tuduh menuduh ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, dan dimulai dari pasangan pria terlebih dahulu baru wanita.

Klinik Lelaki