impotenKebanyakan penderita dengan disfungsi ereksi atau impotensi yang datang ke kami mengeluhkan bahwa ia memiliki kebiasaan masturbasi di masa muda sehingga saat ini menderita impoten. Benarkah demikian? Kami menjawab kemungkinan bisa saja terjadi masalah impotensi akibat dari masturbasi! Simak terus!

Masturbasi atau yang lebih dikenal juga sebagai self service sex ini adalah kegiatan seksual pribadi dimana semua pria melakukannya dimulai dari usia remaja bahkan di tengah pernikahan. Banyak pakar seks yang berpendapat bahwa sebenarnya masturbasi sebenarnya memberikan manfaat yang baik bagi pelakunya, tetapi di satu sisi bisa menjadi masalah penyebab terjadinya disfungsi seksual pada pria, salah satunya adalah impotensi. Teknik masturbasi pria walaupun dengan cara menggesekkan kulit penis dengan tangan, ada beberapa orang yang cenderung memiliki kebiasaan yang berbeda, salah satunya adalah dengan jalan menggesekkan penis kepada benda-benda tertentu seperti kasur, dinding, dan sebagainya. Bilamana hal ini dilakukan dalam jumlah dan frekuensi yang berlebihan, teknik masturbasi dengan menggesekkan penis ke benda keras berpotensi merusak kulit dan struktur pembuluh darah di dalamnya, sehingga berpotensi menyebabkan impoten.

Kebiasaan masturbasi memang baik, asalkan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tidak menggunakan benda keras yang bisa menyebabkan kerusakan dari struktur pembuluh darah di dalamnya yang berpotensi menyebabkan impoten. Untuk itu kami menyarankan bagi pria yang masih melakukan kegiatan pribadi ini, disarankan adalah menggunakan tangan dan bila perlu tambahkan gel khusus berbahan dasar air, selamat mencoba!

Klinik Lelaki