obat kuat herbal

Banyak yang klaim obat kuat terbuat dari herbal 100% aman tanpa efek samping. Rasanya memang cukup aneh, namanya obat, sudah hampir bisa dipastikan segala obat yang masuk ke dalam, dan berinteraksi dengan tubuh selain memiliki efek utama, juga hampir bisa dipastikan memiliki efek samping. Terlebih lagi herbal, dalam kandungannya biasanya lebih dari satu zat aktif. Lalu memang apakah obat kuat herbal yang diklaim aman selalu pasti aman tanpa efek samping?

Salah satu pasien berkunjung ke Klinik Lelaki, ternyata pria paruh baya ini sudah menggunakan berbagai macam alternatif termasuk obat-obatan herbal yang diklaim aman tanpa efek samping. Ketika ditanya, ternyata pria ini mengaku mendapatkan obat kuat herbal ini dari orang non medis alias bukanlah seorang dokter yang mengerti secara khusus tentang tubuh manusia dan penyakit. Setelah mengonsumsi selama kurang lebih 1 bulan, pria ini mengeluhkan adanya rasa sakit yang luar biasa pada daerah ulu hati. Usut punya usut, ternyata dokter spesialis penyakit dalam menyatakan bahwa ia menderita penyakit tukak lambung akibat kemungkinan konsumsi obat kuat dalam jangka waktu lama.

Itu hanyalah cerita dari sekian masalah yang mungkin terjadi dari efek samping obat herbal. Pastikan obat herbal yang Anda konsumsi aman, bila perlu perhatikan ada label “JAMU” atau izin dari BPOM atas keamanannya. Walaupun ada beberapa obat herbal jamu yang dinyatakan aman tanpa efek samping, biasanya obat kuat herbal tersebut sudah dipatenkan oleh suatu perusahaan obat resmi.

Jangan konsumsi sembarangan obat kuat herbal yang menyatakan aman tanpa efek samping sama sekali. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang berpengalaman di bidangnya, karena tidak semua obat herbal itu aman 100%. Waspada!

Klinik Lelaki