impoten

Bagi anda penggemar olahraga bersepada sebaiknya anda harus lebih berhati-hati apalagi jika mengendarainya dengan bejam-jam lamanya. Sebab dari beberapa kasus menyebutkan bahwa bersepeda dapat menyebabkan impoten dan masalah prostat.

Impoten atau disfungsi ereksi adalah suatu gangguan yang dimana tidak mampunya mempertahankan ereksi pada penis.

Impoten pada umumnya disebabkan oleh dua faktor. Faktor fisik contohnya seperti penyakit hipertesi, diabetes, jantung. Dan juga disebabkan oleh faktor psikologi contohnya seperti stress, tertekan, cemas, ketakutan.

Namun sebuah peneliti menunjukan bahwa bersepeda bisa menyebabkan impoten, bila bersepeda lebih dari 3 jam seminggu maka akan semakin meningkatkan resiko tersebut karena saraf dan arteri akan mengalami kerusakan.

Contohnya, 3 persenseorang pengendara sepeda laki-laki mengalami impoten. Bahkan dari semua pengendara sepeda mengalami rasa sakit atau mati rasa pada daerah vitalnya saat bersepada dengan waktu yang lama.

Kenapa ini bisa terjadi ?

Karena, ketika bersepeda seluruh berat badan akan bertumpu pada bokong. Sebab pada bokong terdapat bagian tubuh yang disebut perineum, yang merupakan orang perantara antara anus dan penis. Karena perineum terdiri dari saraf dan arteri yang mampu memproduksi darah menuju penis.

Biasanya terjadi karena jok pada sepeda kecil, sempit, dan memiliki “benjolan” diujungnya yang dapat membuat perineum tertekan dan tidak dapat mengalirkan darah ke penis yang beresiko akan merusak jaringan saraf karena tertekan dalam jangka waktu lama. Itu membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan gangguan jaringan saraf pada perineum dapat menyebabkan impoten.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Jika anda memang menyukai olahraga bersepeda, anda tidak harus meninggalkan olahraga bersepeda karena takut akan impoten. Sebab bersepeda merupakan kegiatan yang baik yang dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Namun anda harus mengantisipasi dampak buruk dari bersepeda, berikut hal yang harus dipertimbangkan ketika bersepeda.

  1. Ganti jok sepeda bila sudah tidak merasa nyaman.
  2. Jok jangan terlalu tinggi, sebab akan menyebabkan bergesernya berat badan dari sisi ke sisi pada tempat duduk yang mengakibatkan iritasi pada perineum.
  3. Perbaiki posisi jok, sebab berubahnya posisi jok sedikit saja dapat menyebabkan rasa sakit pada penis.
  4. Posisi bersepeda, janganlah bersepeda terlalu jauh atau beristirahatlah lebih sering dengan cara berdiri diatas pedal setiap 10 menit, dan hindari gundukan dijalan yang bisa menyebabkan tekanan besar pada perineum.
  5. Lebih baik memakai celana yang nyaman untuk dipakai, jangan memakai celana yang terlalu ketat dan berbahan panas.

Jadi pria yang sering bersepeda bisa menyebabkan impoten apabila jok sepeda yang digunakan memiliki ukuran, bentuk, dan bahan yang tidak baik. Selain itu faktor lain seperti berat badan, ukuran pinggul yang terlalu besar dan posisi tubuh yang sering condong kedepan saat bersepeda juga mampu menyebabkan disfungsi ereksi.

Tapi bila anda sudah terkena impoten dan ingin mengatasinya, anda bisa berkonsultasi dengan dokter profesional di kliniklelaki.com melalui nomer telpon hotline yang tertera pada halaman depan situs ini.

Sumber :

http://id.wikipedia.org

http://mayoclinic.org

Bisa juga baca :

http://kliniklelaki.com/5-kebiasaan-sebabkan-impoten/