Perhatikan, 10 Warna Urine dan Artinya Bagi Kesehatan

warna urine kesehatan

Pernahkah Anda berpikir kok ketika kencing air urine berbeda-beda warnanya, lalu apa sih penyebab warna urine berubah, apakah ada kaitannya dengan kesehatan? Simak jawabannya di artikel ini!

Tubuh sering kali mengirimkan sinyal bila terjadi sesuatu yang tidak beres pada kesehatanmu. Misalnya pusing dan berkeringat dingin bisa jadi tanda kalau Anda sudah melewatkan jam makan siang dan sudah saatnya makan.

Atau rasa kesemutan yang datang berulang dan dalam jangka waktu lama bisa jadi pertanda Anda sedang mengalami gangguan kesehatan. Demikian juga dengan warna urine, sejatinya Anda bisa mengetahui kesehatan dari warna urine Anda.

Lalu, Apa Saja Arti Warna Urine? Berikut Rangkumannya

Kondisi badan yang sehat tentunya diinginkan oleh semua orang mungkin salah satunya Anda. Nah, salah satu untuk menjaga kondisi bada tetap sehat adalah dengan mencegah gangguan kesehatan lebih parah. Anda dapat mencegah masalah kesehatan dari kondisi warna urine, berikut beragam warna urinenya.

1. Bening/Transparan

Warna urine yang bening memiliki arti yang baik. Tandanya tubuh Anda terhidrasi dengan cukup. Jadi pastikan kondisi warna sperma tetap bening.

2. Kuning Pucat

Jika warna urine Anda adalah kuning pucat artinya Anda sehat. Ini juga berarti tubuh  terhidrasi dengan baik. Maka dari itu perhatikan kondisi warna urine Anda tetap kuning pucat.

3. Kuning

Warna urine yang kuning merupakan warna yang normal. Ini juga menunjukkan bahwa tubuh cukup terhidrasi, Tidak perlu panik.

4. Kuning Tua

Warna ini menunjukkan Anda baik-baik saja. Tapi, Anda perlu menambah asupan air untuk tubuh. Warna kuning tua memberikan sinyal bahwa Anda sudah dalam ambang batas terhidrasi.

5. Kecokelatan atau Warna seperti madu

Warna kecokelatan pada urine menunjukkan tubuh mengalami dehidrasi. Artinya, Anda perlu minum banyak air untuk mengatasinya.

6. Cokelat

Warna urine yang cokelat pekat memiliki arti kurang baik. Itu karena warna ini bisa menunjukkan adanya penyakit hati (liver) atau dehidrasi.

7. Oranye

Warna oranye pada urine menunjukkan bahwa Anda sedang dehidrasi atau mengalami masalah liver atau saluran empedu.

8. Biru atau hijau

Warna urine biru atau hijau kebanyakan disebabkan oleh pewarna makanan. Tapi jangan disepelekan, ya! ini juga bisa berarti beberapa hal. Misalnya, efek dari obat-obatan, infeksi bakteri, atau penyakit genetik yang langka.

9. Pink atau kemerahan

Warna kemerahan dalam urine bisa menunjukkan adanya infeksi, darah, masalah prostat, atau penyakit ginjal. Selain itu warna merah ini juga timbul karena buah seperti buah naga, buah bit, dan lain-lain.

10. Berbusa atau berbuih

Urine berbusa atau berbuih, mungkin ada masalah pada ginjal atau hanya kelebihan protein. Meski begitu, jika hal ini terjadi terus-menerus, sebaiknya segera temui dokter.

Nah, itu tadi beberapa warna urine terkait dengan masalah kesehatan. Agar memastikan kondisi Anda, bisa langsung mengeceknya ke dokter agar masalah yang diderita dapat segera di atasi.

Referensi:
Halodoc.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan