3 Jenis Alat Kontrasepsi Paling Aman Cegah Kehamilan

jenis alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi merupakan perangkat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Terdapat beragam jenis alat kontrasepsi, saat ini akan tetapi tidak semuanya aman. Agar tidak salah pilih simak artikel ini!

Saat ini terdapat banyak pilihan alat kontrasepsi dengan tingkat efektivitas dan juga biaya yang berbeda-beda. Memilih alat kontrasepsi yang tepat merupakan pilihan pribadi serta tergantung dengan kebutuhan Anda.

Tidak semua alat kontrasepsi memiliki efektivitas yang tinggi, selain itu tidak semua juga alat kontrasepsi mencegah kehamilan. Bingung memilih alat kontrasepsi yang tepat? Simak terus artikel ini hingga selesai!

Rekomendasi Jenis Alat Kontrasepsi Cegah Kehamilan

Berikut di bawah ini 3 rekomendasi pilihan alat kontrasepsi yang jika digunakan secara benar dan juga teratur, maka tingkat efektivitas mencegah kehamilan akan lebih besar dan dapat membantu Anda membantu program pemerintah keluarga berencana.

1. Kondom

Berdasarkan survei terhadap 13.506 responden, sebagian besar responden yaitu sekitar 63,2% memilih kondom sebagai alat kontrasepsi andalan. Jenis alat kontrasepsi ini efektif mencegah kehamilan hingga 98% asalkan dipasang dengan benar dan tidak bocor.

Bahkan, kondom merupakan satu-satunya alat kontrasepsi yang dapat mencegah penyebaran infeksi menular seksual (IMS). Provinsi yang banyak menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi adalah Bengkulu (87%), Bali (80%), dan DKI Jakarta (76%).

2. Pil KB

Setelah kondom, IUD menempati posisi kedua sebagai alat kontrasepsi paling populer di Indonesia. Hal ini telah terbukti melalui survei internal, bahwa sekitar 8,9% responden menggunakan alat ini.

IUD adalah alat kecil berbentuk T yang dimasukkan ke dalam rahim guna mencegah terjadinya pembuahan. IUD terdiri dari 2 jenis, yaitu:

  • IUD tembaga: tidak mengandung hormon dan kandungan tembaganya bertindak sebagai spermisida untuk membunuh sperma yang masuk.
  • IUD hormonal: mengandung progestin, fungsinya untuk mencegah sperma membuahi sel telur.

Tingkat efektivitas IUD mencapai 99,8% dalam mencegah kehamilan. Alat KB ini bahkan dapat digunakan 3-5 tahun, tergantung dari jenis IUD yang Anda pilih.

3. IUD/Spiral

Pil KB termasuk ke dalam tiga besar alat kontrasepsi paling populer di Indonesia dan dipilih oleh 7,4% responden. Pil KB mengandung dua hormon, yaitu estrogen dan progestin, yang berfungsi untuk menghambat pelepasan sel telur (ovulasi).

Kontrasepsi hormonal ini memiliki tingkat efektivitas hingga 98%, selama diminum secara rutin dan sesuai aturan. Meskipun termasuk alat KB yang aman untuk cegah kehamilan, pil KB harus diminum secara rutin setiap hari agar berfungsi dengan optimal.

Referensi:
Menshealth.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan