4 Penyebab Muncul Bintik Hitam Pada Testis

bintik hitam pada testis

Bintik hitam pada Testis dapat menjadi gejala suatu penyakit! Simak artikel ini!

Testis adalah salah satu aset paling penting bagi pria, jadi wajar saja jika pria khawatir saat testisnya bermasalah. Pasalnya, testis berperan penting untuk menghasilkan sperma dan hormon seks pria. Salah satu gangguan testis yang sering membuat cemas adalah munculnya bintik hitam pada testis.

Baca juga: Alergi Sperma dan Tips Mengatasinya

Bintik hitam pada testis ini sering kali di kaitkan dengan tumor atau kanker, lantas benarkah demikian? Cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini!

Bintik hitam pada kantung testis (skrotum) umumnya disebabkan oleh angiokeratoma tipe Forcyde. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah yang ada di testis melebar dan menonjol ke permukaan kulit, sehingga membuat kulit tampak berwarna kehitaman atau agak sedikit merah.

klinik lelaki

Apa saja penyebab bintik hitam pada testis?

Selain karena angiokeratoma jenis Forcyde, bintik hitam di testis juga dapat disebabkan oleh berbagai hal lainnya, di antaranya:

.1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi ketika area kulit tertentu menghasilkan lebih banyak pigmen sehingga warna kulit jadi lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Lesi ini dapat muncul dalam berbagai bentuk, baik berupa bintik-bintik, tahi lalat, tampak seperti bekas sengatan matahari, hingga stretch mark.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 melaporkan bahwa sebanyak 85,6 persen laki-laki usia 3 sampai 91 tahun mengalami hiperpigmentasi pada alat kelaminnya. Namun, kondisi ini tidak berbahaya dan hanya sebatas perubahan warna kulit saja.

2. Jerawat pada testis

Jerawat ternyata tidak hanya dapat tumbuh di wajah, tapi juga bisa tumbuh di testis. Masalah kulit ringan ini umumnya disebabkan oleh infeksi atau pori-pori skrotum yang tersumbat.

Kabar baiknya, jerawat pada testis cenderung tidak berbahaya. Bahkan, kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan sederhana seperti kompres air hangat dan menjaga kebersihan organ intim dengan benar

3. Dermatitis skrotum

Bintik hitam pada testis juga dapat disebabkan oleh dermatitis skrotum. Dermatitis skrotum itu sendiri adalah peradangan kronis yang terjadi pada kulit skrotum yang disebabkan oleh paparan bahan kimia maupun alergen.

Kondisi ini sering menyebabkan gatal di daerah testis. Jika Anda menggaruknya, hal ini dapat mengiritasi pembuluh darah di dekat permukaan kulit dan menyebabkan timbulnya bintik gelap pada alat kelamin.

4. Kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV yang menginfeksi alat kelamin. Selain pada organ vital pria, kutil kelamin juga dapat tumbuh di paha bagian dalam atau area sekitar selangkangan.

Gejala kutil kelamin umumnya ditandai dengan munculnya benjolan putih pada testis atau penis. Akan tetapi, ada juga yang berupa bintik-bintik atau kutil berwarna gelap.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *