Hati-Hati, Ini 4 Tanda awal Impotensi yang Tidak Disadari

tanda impotensi
©Freepik

Impotensi merupakan hal yang paling dibenci pria, penanganan yang cepat perlu dilakukan. Oleh karena Itu ketahui Tanda atau gejala awal impotensi agar dapat dicegah!

Impotensi adalah masalah seksual yang paling umum dialami pria usia matang. Dilansir dari Healthline, diperkirakan kurang lebih 50% pria berusia 40-70 tahun menunjukkan gejala impotensi setidaknya sekali semasa hidupnya. Lalu, apa saja tanda impotensi yang harus diwaspadai?

Tanda Awal Impotensi yang Sering Tidak Disadari

Impotensi merupakan hal yang mengganggu kegiatan seksual pria. Ketika masalah ini terjadi bukan hanya kepercayaan diri akan hilang tan keharmonisan rumah tangga juga bisa terganggu. Oleh karena itu ketahui awal Impotensi agar dapat dicegah lebih awal.

1. Gairah Seks Berkurang

Kurangnya gairah seksual merupakan salah satu gejala impotensi, menurut National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse. Berkurangnya gairah ini termasuk juga tak ada keinginan mencium dan kontak fisik lainnya seperti foreplay. Menghindari adanya pendekatan seksual atau mencoba kontak intim juga termasuk dalam tanda ini.

2. Sulit Ereksi

Saat seorang pria terlibat dalam aktivitas seksual, pria yang impotensi tidak bisa mengalami ereksi. Penis tidak akan menjadi ‘keras’ meskipun Anda terlihat sangat terangsang secara seksual. Kondisi ini biasanya dikenal sebagai disfungsi ereksi.

Bisa jadi juga Anda akan menghentikan aktivitas seksual atau berusaha untuk memuaskan istri Anda dengan cara lain. Saat Anda mengalami ini mungkin merasa malu, marah, menarik diri, dan tidak ingin mendiskusikan masalah itu. Hal ini bisa disebabkan oleh penyebab psikologis atau medis.

3. Ereksi Tidak Bertahan Lama

University of California menjelaskan adanya ketidakmampuan mempertahankan ereksi lebih lama untuk melanjutkan aktivitas seksual. Dalam kasus ini, awalnya Anda akan mengalami ereksi, namun ereksi tersebut tidak bertahan lama. Gejala ini juga umumnya menunjukkan bahwa disfungsi ereksi bisa disebabkan oleh penyebab psikologis, termasuk stres, rasa bersalah, takut, malu, dan emosi lainnya.

4. Ejakulasi Bermasalah

Menurut National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse, masalah ejakulasi ini bisa jadi gejala impotensi. Biasanya adanya ejakulasi dini bahkan belum melakukan penetrasi sekalipun, atau saat baru saja melakukan penetrasi. Umumnya pria yang mengalami ini akan mengalami rasa malu dan juga merasa stres, sehingga bisa jadi impotensi disebabkan oleh penyebab psikologis.

Jika tanda-tanda di atas sudah alami kemungkinan impotensi akan segera menghampiri Anda. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi Anda bisa rutin berolahraga serta berhenti merokok.