vagina kering

6 Penyebab Vagina Kering Ketika Bercinta

vagina kering

Ada beberapa hal yang membuat hubungan seks bisa terasa menyakitkan. Salah satunya karena vagina kering. Apa penyebabnya? Simak artikel ini!

vagina yang kering membuat hubungan seks jadi tidak nyaman. Sehingga, momen bercinta pun jadi kurang menyenangkan. Aktivitas seksual bersama suami seharusnya membuat vagina Anda terlumasi. Dengan begitu, penetrasi jadi lebih mudah dilakukan. Tapi, bagaimana bila yang terjadi justru sebaliknya?

Kehadiran cairan lubrikasi di area vagina penting untuk membuat sesi bercinta terasa nyaman. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan area intim wanita kering ketika berhubungan seksual dengan pasangan.

Berikut ini 6 penyebab vagina kering ketika bercinta

1. Konsumsi antihistamin

Obat-obatan antialergi seperti antihistamin bisa membuat kering area vagina seperti disampaikan Shepherd.

2. Produksi cairan lubrikasi alami sedikit

“Setiap wanita memiliki tingkat basah yang berbeda-beda saat berhubungan sksual. Sama saperti orang yang berkeringat, ada yang banyak ada yang sedikit meskipun sama-sama bersepeda,” kata Shepherd mengutip laman Women’s Health.

3. Infeksi Jamur

Jika biasanya cairan lubrikasi mudah hadir tapi dalam beberapa kali sesi bercinta area intim hal itu tidak terjadi plus disertai rasa gatal bisa jadi karena ada infeksi bakteri.

“Beberapa kondisi pada vagina dapat menyebabkan kekeringan, dan biasanya karena infeksi jamur,” kata Minkin.

4. Merokok

Salah satu efek buruk merokok adalah membuat aliran darah menurun. Hal ini turut memengaruhi produksi cairan lubrikasi alami dalam tubuh seperti disampaikan Shepherd

5. Sesi pemanasan kurang

“Jika wanita mengeluhkan berkurangnya cairan lubrikasi, hal pertama yang akan saya tanayakan adalah ‘Sudahkah cukup sesi foreplay-nya?’,” kata profesor obstetri dan ginekologi dari Yale School of Medicine, Amerika Serikat, Jane Minkin.

6. Menyusui

Saat menyusui hormon prolaktin meningkat. Hal ini memengaruhi kekeringan pada vagina.”Kondisi ini menekan hormon estrogen, yang membuat area vagina kering,” kata Minkin.

jika kondisi vagina kering cukup sering terjadi dan sangat mengganggu aktivitas seksual Anda, tak ada salahnya untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.