Apa penyebab nyeri punggung bagian bawah dan testis?

nyeri punggung

Banyak orang mengalami nyeri punggung bagian bawah dari waktu ke waktu. Namun, nyeri punggung bagian bawah yang terjadi bersamaan dengan nyeri testis lebih jarang terjadi dan dapat mengindikasikan kondisi mendasar yang memerlukan perawatan medis.

Nyeri punggung  dapat di sebabkan Spondylolistesis lumbar

Lumbar spondylolisthesis adalah suatu kondisi di mana salah satu tulang belakang di bagian bawah tulang belakang, yang disebut daerah lumbar, terlepas dari tempatnya. Spondylolisthesis dapat terjadi karena cedera, ketegangan berulang pada tulang belakang, atau keausan umum seiring bertambahnya usia seseorang, spondylolisthesis lumbal dapat menyebabkan nyeri punggung bawah jika vertebra yang terpeleset menekan pada salah satu saraf tulang belakang. Nyeri ini kadang-kadang bisa menjalar ke testis atau kaki.

Gejala lain dapat termasuk:

• mati rasa atau kesemutan di punggung, bokong, atau kaki
  • perasaan lemah di kaki saat berdiri atau berjalan
  • kekakuan atau kelembutan di punggung
  • Gejala-gejala ini dapat membaik ketika seseorang duduk atau condong ke depan.

Pengobatan

Pilihan pengobatan untuk spondylolisthesis lumbar termasuk terapi fisik untuk memperkuat otot punggung bawah dan obat anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Untuk orang dengan gejala yang lebih parah, dokter dapat meresepkan injeksi steroid.

Perawatan bedah mungkin diperlukan untuk orang-orang dengan spondylolisthesis lumbal yang tidak membaik dengan perawatan lain dan bagi mereka yang kehilangan fungsi saraf.

Nyeri punggung juga dapat di sebabkan

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat terjadi ketika bakteri menumpuk di saluran kemih, yang meliputi kandung kemih, ginjal, ureter, dan uretra.

ISK dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil, dan rasa sakit ini dapat meluas ke testis. Seseorang juga mungkin mengalami keinginan terus-menerus untuk buang air kecil.

Nyeri hebat pada punggung bagian bawah atau perut bersamaan dengan demam, mual, dan muntah dapat mengindikasikan infeksi ginjal, yang merupakan jenis ISK yang paling serius.

Pengobatan

Orang dengan gejala ISK, terutama infeksi ginjal, harus mengunjungi dokter sesegera mungkin.

Dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk individu dengan ISK bakteri. Penting untuk mengikuti instruksi dokter ketika mengambil antibiotik dan menyelesaikan seluruh kursus.

Minum banyak air dan sering buang air kecil dapat membantu mempercepat pemulihan. Obat-obatan bebas juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Epididimitis

Epididimitis adalah pembengkakan epididimis, saluran yang menyimpan dan mengangkut sperma dari testis ke vas deferens.

Pembengkakan epididimis dapat menyebabkan rasa sakit di skrotum dan testis yang kadang-kadang menyebar ke area lain dari tubuh, termasuk daerah selangkangan dan punggung bagian bawah atau samping.

Kemungkinan penyebab epididimitis termasuk infeksi menular seksual, seperti klamidia, dan ISK. Namun, tidak selalu ada penyebab yang jelas, dan pada beberapa orang, epididimitis dapat menjadi kondisi kronis.

Tergantung pada penyebabnya, seseorang dengan epididimitis juga dapat mengalami gejala yang meliputi buang air kecil yang menyakitkan, demam, dan keinginan untuk buang air kecil yang sering.

Pengobatan

Jenis perawatan untuk epididimitis tergantung pada penyebabnya. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk orang dengan infeksi bakteri.

Mengistirahatkan dan mengangkat skrotum dapat membantu mengurangi pembengkakan. Obat antiinflamasi OTC, seperti ibuprofen dan naproxen, juga dapat meredakan nyeri dan ketidaknyamanan. Ibuprofen tersedia untuk pembelian online.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah endapan mineral keras yang dapat terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal kecil tidak selalu menyebabkan gejala, tetapi batu yang lebih besar dapat menghalangi aliran urin dari ginjal.

Penyumbatan dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam di punggung bagian bawah dan samping yang mungkin juga menjalar ke perut bagian bawah, daerah selangkangan, dan ujung penis.

Gejala lain dari batu ginjal dapat meliputi:

• darah dalam urin
  • rasa sakit atau kesulitan buang air kecil
  • keinginan kuat untuk buang air kecil
  • mual dan muntah

Pengobatan

Pilihan perawatan akan tergantung pada keparahan gejala dan ukuran batu.

Batu yang lebih kecil tidak selalu membutuhkan perawatan dan dapat meninggalkan tubuh dalam urin. Dokter juga dapat meresepkan penghilang rasa sakit dan obat-obatan, seperti tamsulosin, untuk mengendurkan ureter.

Seorang dokter dapat merekomendasikan prosedur medis untuk menghilangkan batu ginjal yang besar, sangat menyakitkan, atau mempengaruhi fungsi ginjal. Prosedur pengangkatan bisa termasuk operasi atau penggunaan terapi gelombang kejut untuk memecah batu menjadi potongan-potongan kecil yang bisa dilewati seseorang.

Kanker testis

punggung bagian bawah dan nyeri testis bisa menjadi tanda kanker testis.

Gejala pertama yang paling umum adalah benjolan pada testis atau testis menjadi bengkak atau lebih besar. Kanker testis kadang-kadang dapat menyebabkan rasa sakit di testis dan perasaan berat di skrotum atau perut bagian bawah. Beberapa orang mungkin juga merasakan nyeri payudara atau pertumbuhan payudara yang tidak biasa karena perubahan hormon.

Jika kanker testis menyebar ke bagian lain dari tubuh, itu dapat menyebabkan gejala tambahan, seperti:

• nyeri punggung bawah
  • sakit perut
  • sakit kepala atau kebingungan
  • kesulitan bernafas dan nyeri dada

Pengobatan

Perawatan bervariasi tergantung pada jenis dan stadium kanker testis ketika dokter membuat diagnosis. Opsi perawatan dapat meliputi:

• operasi
  • terapi radiasi
  • kemoterapi

Disfungsi dasar panggul

Disfungsi dasar panggul melibatkan kesulitan mengendalikan otot-otot dasar panggul. Ini memaksa otot-otot di sekitarnya berkontraksi daripada rileks.

Seseorang dengan disfungsi dasar panggul mungkin mengalami kesulitan mengendalikan buang air kecil dan mengalami rasa sakit di testis. Nyeri ini sangat mungkin terjadi pada pasien yang lebih muda.

Kondisi saat ini mempengaruhi sekitar 100.000 pria di Amerika Serikat setiap tahun.

Gejala lain dapat termasuk:

• buang air kecil yang menyakitkan
  • sembelit
  • rasa sakit dan tekanan di daerah panggul
  • kejang otot di panggul

Pengobatan

Pilihan perawatan termasuk latihan dasar panggul, dengan penekanan pada kontraksi, dan biofeedback, yang melibatkan pembelajaran untuk mengendalikan proses tubuh yang biasanya tidak disengaja.

Dokter juga dapat meresepkan pelemas otot untuk membantu mencegah kontraksi otot panggul.

Jika seseorang memiliki masalah yang menyertainya, seperti prolaps dubur, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk melonggarkan organ panggul.

Konsultasikan Keluhan Anda seputar Impotensi & Ejakulasi Dini pada Dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, hanya di Klinik Lelaki