Apakah Berbahaya Ejakulasi Berkali-kali? Ketahui Jawabannya!

berbahaya ejakulasi berkali kali

Banyak para pria yang bertanya-tanya apakah berbahaya ejakulasi berkali-kali? Lalu apakah ada batasan pria dalam ejakulasi? Simak jawabannya pada artikel di bawah ini!

Terdapat beragam mitos yang beredar terkait terlalu sering melakukan ejakulasi seperti rambut akan rontok dan bahkan kebutaan. Namun, mitos ini tidak benar sebab belum ada penelitian pasti terkait dampak dari melakukan ejakulasi terlalu sering menyebabkan rambut rontok dan juga kebutaan.

Terdapat beragam alasan pria dewasa ejakulasi atau orgasme mulai dari melakukannya sendiri dengan cara masturbasi atau berhubungan intim dengan pasangan. Lalu apakah ejakulasi dengan frekuensi terlalu sering ini berbahaya?

klinik lelaki

Apakah Berbahaya Ejakulasi Berkali-kali?

Mengeluarkan sperma setiap hari sering kali dikaitkan dengan masalah kesehatan mulai dari kerontokan rambut hingga disfungsi ereksi. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian pasti tentang dampak dari ejakulasi dini terlalu sering.

Sebaliknya, rutin ejakulasi dini dengan teratur dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan Anda. Berikut beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika ejakulasi dengan teratur:

  • Bisa jadi sarana membakar kalori, terutama apabila seks dilakukan bersama pasangannya.
  • Seks dan ejakulasi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Seks dan ejakulasi dapat meredakan stres, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi nyeri
  • Berhubungan seks setidaknya sekali seminggu juga bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh.
  • Ejakulasi juga membantu pria tidur lebih nyenyak.

Berapa Idealnya Pria Ejakulasi Dalam Seminggu

Namun, semua manfaat terkait ejakulasi di atas hanya bisa Anda dapatkan ketika ejakulasi dengan teratur. Lalu berapakah idealnya pria ejakulasi dalam seminggu? Terdapat beberapa penelitian menemukan bahwa semakin banyak pria ejakulasi maka dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Penelitian pada tahun 2016 di Eropa menunjukkan bahwa laki-laki yang melakukan ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan dengan laki-laki yang melakukan ejakulasi hanya sekitar 4-7 kali dalam sebulan.

Dengan kata lain ejakulasi dalam seminggu sekitar 5 – 6 kali agar bisa mencegah kanker prostat. Namun, terdapat beberapa penelitian pula yang menyatakan bahwa hubungan ini tidak dapat diterapkan dalam segala usia. Semakin bertambah usia frekuensi seks ini akan berkurang.

Jadi dapat disimpulkan, apakah berbahaya ejakulasi berkali-kali? jawabannya “tidak”. Akan tetapi jika sudah dirasa mengganggu kegiatan sehari-hari saat melakukan ejakulasi coba kurangi frekuensinya.

Referensi:
Healtline.com

Ilustrasi gambar by Unsplash

Tinggalkan Balasan