Apakah Vape Bisa Menyebabkan Impoten ?

impoten

Bagi sebagian orang menganggap vape atau rokok elektrik lebih aman daripada rokok biasa. Sebab belum ada studi yang mengatakan bahwa apa saja bahayanya vape. Namun vape dapat memberi efek yang berbahaya bagi kesehatan reproduksi pria yang berdampak pada impoten.

Impoten atau disfungsi ereksi adalah suatu gangguan yang dimana tidak mampunya mempertahankan ereksi pada penis.

Pada dasarnya impoten disebabkan oleh dua faktor. Faktor psikologi caontohnya seperti stress, cemas, tertekan, ketakutan. Dan juga disebabkan oleh faktor fisik contohnya seperti diabetes, hipertensi, jantung.

Namun faktor gaya hidup yang tidak sehat pun mampu berdampak pada impoten, contohnya seperti makan-makanan tidak sehat, mengkonsumsi alkohol, dan terlalu sering merokok.

Apalagi sekarang dengan kemajuan teknologi muncul jenis rokok elektronik atau vape yang kini sudah digandrungi oleh semua kalangan baik anak muda atau orang tua.  Meski kandungan nikotin yang dihasilkan vape dapat diatur sesuai dengan voltase dan tegangan yang diinginkan, tetap saja akan merusak sistem reproduksi pria yang nantinya bisa berdampak pada impoten.

Mengapa vape berbahaya bagi kesehatan reproduksi pria ?

Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa uap dari vape masih mengandung nikotin beserta zat kimia lainnya seperti formalin, acrolein, propylene glycol, dan gliserin. Meskipun jumlah nikotinnya sedikit daripada rokok biasa, tetap uap air tersebut bersifat karsinogenik yang bisa merusak tubuh.

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh British Fertility menunjukan bahwa cairan yang ada pada vape dapat merusak fungsi sistem reproduksi pria. Dan peneliti juga mengatakan bahwa ada dua rasa yang paling populer dari cairan vape yaitu rasa kayu manis (cinnamon) dan rasa permen karet yang justru berbahaya bagi perkembangan sel sperma.

Bahkan beberapa bahan perasa makanan pada cairan vape yang seharusnya dikonsumsi, namun ketika dihirup akan memberikan efek yang berbahaya. Selain beberapa bahan perasa sedikitnya ada sembilan zat berbahaya pada cairan vape yang tergolong dapat menyebabkan kanker, merusak kesehatan reproduksi pria bahkan bisa berdampak pada impoten.

Memang kandungan nikotin pada vape tidak sebesar pada rokok biasa. Namun nikotin tetaplah nikotin yang apabila digunakan terus menurus akan memberikan efek berbahaya bagi tubuh yang dapat merusak sistem reproduksi pria bahkan bisa sampai impoten.

Salah satu cara untuk mencegah impoten tentu dengan berhenti merokok dan memperbaiki gaya hidup. Atau anda bisa berkonsultasi dengan dokter profesional di kliniklelaki.com melalui nomer telpon hotline yang tertera pada halaman depan situs ini.

Sumber :

http://id.wikipedia.org

http://mayoclinic.org

Bisa juga baca :

https://kliniklelaki.com/rokok-bisa-menyebabkan-impoten/

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: