Atrofi Penis Penyebab Penis Mengecil Permanen

penis mengecil
©Unsplash

Pernahkah Anda berpikiran jika tiba-tiba penis mengecil secara permanen? Hal ini bisa terjadi dan nyata adanya, masalah ini sering disebut sebagai Penile Atrophy atau atrofi penis. Lalu apa penyebabnya masalah ini terjadi? Simak artikel di bawah ini.

Penis yang besar sering kali dianggap sebagai bukti kejantanan seorang pria. Ketika terjadi masalah pada penisnya yang membuat ukurannya mengecil tentunya membuat Anda menjadi gelisah. Sering kali masalah pada penis ini muncul disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari.

Pada dunia medis penis mengecil ini disebut dengan Penile Atrophy atau atrofi penis. Ini merupakan kondisi saat penis mengalami kehilangan pada jaringan otot yang luas. Lalu apa saja penyebab masalah ini dapat terjadi? Berikut di bawah ulasannya.

klinik lelaki

Penyebab Penis Mengecil Permanen

Penis merupakan organ vital pria yang dapat membesar dan mengecil saat sesi bercinta sedang berlangsung. Namun, pada beberapa orang sering ditemui penisnya mengecil dan tidak berubah menjadi besar kembali. Hal ini di sebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

1. Faktor Usia Penyebab Penis Mengecil

Di kutip dari Medical News Today, bahwa semakin bertambahnya usia penumpukan lemak akan semakin meningkat. Lemak yang meningkat inilah membuat penumpukan pada area pembuluh darah sehingga dapat berpengaruh penis saat ereksi sehingga terlihat lebih kecil.

2. Bekas Luka Pada Area Penis

Mungkin ini terdengar aneh, penis yang berubah menjadi kecil disebabkan oleh bekas luka. Bekas luka pada area penis dapat mempengaruhi jaringan ereksi penis selain itu dapat juga menyebabkan penis menyusut serta membatasi ukuran ereksi.

3. Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih dapat menimbulkan terjadinya penyusutan pada penis. Berat badan yang naik akan menurunkan bagian perut. Ini bisa menyebabkan alat kelaminmu tampak mengecil walau kenyataannya tidak. Bentuk perut semakin besar merupakan hal utama penyebab penis menyusut.

4. Gangguan Operasi Prostat

Di lansir dari sebuah jurnal nature.com bahwa 71% pria yang menjalani operasi prostat mengalami penyusutan penis. Sampai saat ini belum diketahui pasti apa hal yang membuat penis mengecil permanen gara-gara operasi prostat. Tapi para peneliti berhipotesis bahwa itu diakibatkan pemendekan tabung uretra.

5. Peyronie Penyebab Penis Mengecil Permanen

Peyronie merupakan gangguan pada penis yang menyebabkan bentuk penis menjadi bengkok atau melengkung. Hal ini terjadi karena adanya cedera pada jaringan di dalam otot alat kelamin dan hal ini juta bisa sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Penis menyusut menjadi kecil merupakan mimpi buruk bagi pria, oleh karena itu dengan  mengetahui beberapa hal yang menyebabkan atrofi penis atau penis mengecil secara permanen di atas, dapat mencegahnya lebih awal.

Referensi:
IdnTImes

Tinggalkan Balasan