Bentuk Sperma Abnormal & Kesuburan Pria

bentuk sperma-fertility-impotensi

bentuk sperma-fertility-impotensi

Untuk menganalisa tingkat kesuburan seorang pria, biasanya oleh tenaga medis akan dilakukan pemeriksaan yang dinamakan ‘analisis sperma’. Melalui pemeriksaan ini, sperma akan diteliti menggunakan mikroskop. Salah satu yang diuji adalah morfologinya, yaitu bentuk dari sampel sperma pria tersebut.

Pemeriksaan mendetail di bawah kaca mikroskop akan menentukan seberapa beda atau unik bentuk sperma seseorang dibandingkan dengan bentuk sperma normal pada umumnya. Faktor yang dibandingkan terutama adalah ukuran, bentuk dan kondisinya. Uji morfologi sperma ini kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk persentase, yaitu angka perbandingan antara banyaknya sperma yang tidak  normal terhadap yang normal.

Sperma yang normal diidentifikasi dari bentuk kepalanya yang oval dengan ekor yang panjang. Sedangkan sperma yang tidak normal bisa diketahui dengan mudah karena karakteristiknya yang berbeda. Misalnya seperti mempunyai kepala yang besar, atau bentuk kepalanya tidak oval atau punyai ekor yang panjang tapi bengkok, atau ada pula yang mempunyai dua ekor. Keunikan bentuk ini bisa menjadi faktor penentu kesuburan sperma, karena bisa mempengaruhi kecepatan geraknya dalam mencapai dan menembus dinding telur.

Penentu Tingkat Kesuburan

Meskipun begitu kondisi ini sering ditemukan pada pria, bahkan dalam persentase tinggi. Bentuk sperma yang unik memang mempengaruhi tingkat kesuburan dari sperma itu sendiri, namun tidak menentukan tingkat kesuburan seorang pria secara keseluruhan.

Ada banyak faktor lain yang diperiksa ketika melakukan ‘analisis sperma’ ini. Beberapa di antaranya yaitu:

  •  volume semen
  •  jumlah total sperma
  •  konsentrasi sperma
  •  vitalitas (persentase hidup)
  •  motilitas (kemampuan geraknya)

Perlu diketahui juga bahwa pria dengan tingkat hasil uji ‘analisis semen’ yang rendah belum tentu mandul. Banyak kasus yang membuktikan bahwa mereka masih bisa mempunyai keturunan meskipun mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pria yang normal.

Dan harus diingat pula bahwa masih ada berbagai cara untuk mendapatkan keturunan selain melalui hubungan intim dengan pasangan. Teknologi hari ini sudah memberikan berbagai alternatif untuk membuahi telur yang dilakukan di laboratorium, misalnya saja yaitu melalui metode pembuahan vitro (vitro fertilization). Terlepas dari pembahasan bentuk sperma, kesuburan seorang pria ditentukan dari performa alat vital dan hubungan intimnya dengan pasangan.

Bila  Anda masih ragu tentang kondisi tubuh Anda, akan lebih baik jika mendapat konsultasi medis. Dokter biasanya akan memberikan cara-cara yang aman dan sesuai  untuk mengatasi masalah kesuburan Anda. Segera tanya dengan Dokter ahli di Klinik Lelaki solusi tepat untuk atasi Impotensi  dan Ejakulasi Dini.

sumber : www.mayoclinic.org

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan tanya dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan