cemas seksual

Efek Cemas Berlebih Saat Pertama Berhubungan Seksual

cemas seksual

Merasa khawatir dan cemas sebelum berhubungan seksual adalah hal yang wajar, apalagi jika anda akan melakukan seks pertama kali. Namun jika anda tidak bisa menghadapi dan mengelola kecemasan anda. Anda akan beresiko mengalami hal-hal berikut ini.

Cemas dapat menurunkan gairah seksual

Hubungan seksual adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, memperkuat ikatan batin dan dapat mengurangi stress. Namun jika anda merasa cemas, hal ini akan membuat ranjang anda dan pasangan menjadi kurang “hangat” karena  gairah anda menurun. 

Menurut Laurel Steinberg, PhD, seorang terapis seks dan profesor psikologi di Universitas Columbia, “Semua jenis kecemasan bisa mengganggu kepuasan seksual Anda.” Kecemasan dapat mempengaruhi kehidupan seksual anda dalam hal-hal berikut:

1. Menurunkan libido

Memiliki rasa cemas yang berlebihan membuat tubuh anda memproduksi hormon adrenalin dan kortisol dalam jumlah yang banyak. Tingginya jumlah kortisol dan adrenalin memberikan rasa stres, panik, dan gelisah. Selain itu dalam keadaan Hiperventilasi dapat menyebabkan anda mendapatkan serangan panik saat bercinta.

Hal-hal negatif ini akan berkolaborasi sehingga membuat mood anda menjadi buruk, dan menurunkan libido anda. Sehingga ketika seharusnya anda dapat menikmati setiap rangsangan bercinta, justru anda malah tidak bisa menikmatinya dan sulit mendapatkan orgasme.

2. Menurunkan kepercayaan diri

Kecemasan juga membuat anda dan pasangan memikirkan hal-hal apa yang kurang dalam diri anda. Hal ini pada akhirnya akan membuat kepercayaan diri anda menurun.

Terutama jika wanita merasakan kecemasan, anda atau pasangan akan memikirkan bagaimana bentuk payudara yang sudah tak seperti dulu lagi. Atau melihat ada lemak di beberapa bagian tubuh anda dan memberikan citra diri yang negatif.

Jika anda memiliki citra diri yang negatif terhadap tubuh anda sendiri. Ini akan menurunkan kepercayaan diri sehingga anda akan kurang dapat menikmati sesi bercinta anda bersama pasangan.

3. Merusak keintiman Anda dan pasangan

Membangun keintiman berarti emmbangun ikatan emosiaonal yang kuat antara anda dan pasangan. Salah satu caranya adalah dengan bercinta sampai bersama-sama mencapai orgasme. 

Nanum bagaimana seseorang yang cemas dapat membangun keintiman jika berhubungan seksual saja enggan atau tidak bergairah.

Jika hal ini terjadi maka meskipun diberi foreplay yang lama dan intens pun tubuh akan merasa enggan dan tidak dapat merespons dengan baik. Maka akan menyulitkan anda dan pasangan untuk menikmati hubungan seksual.

4. Tidak Terbuka Tentang Apa Yang Diinginkan

Bersikap jujur pada pasangan adalah hal yang penting, termasuk soal urusan ranjang. Jika anda merasa cemas baik disebabkan citra diri yang negatif atau trauma masa lalu. maka hal ini akan mempengaruhi anda untuk saling jujur tentang apa yang diinginkan di ranjang.

Kondisi ini dipengaruhi oleh hormon adrenalin yang mengalir di dalam tubuh saat cemas. Akibatnya, Anda akan sulit untuk berbagi fantasi seks yang diinginkan sehingga menjadi kehilangan gairah seksual.

5. Sulit Mendapatkan Orgasme

Rasa cemas pada pria dapat menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi disebabkan tubuh tidak dapat merespons rangsangan yang ada. Pun begitu pada perempuan jika mengalami kecemasan dapat mengalami vaginismus.

Vagina yang mengalami hal ini akan sulit untuk terlumasi dan mengencang saat menerima penetrasi. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri sehingga anda dan pasangan justru mendapatkan rasa sakit saat bercinta. Jika begitu maka orgasme akan lebih sulit diraih. 

Bagaimana Mengatasi Rasa Cemas Sebelum Berhubungan Seksual

Sebagian besar kecemasan dapat ditangani dengan mudah. Anda bisa mencari tahu dulu apa penyebab dari kecemasan yang anda dan pasangan miliki.

Selanjutnya anda bisa mebangun suasana hati yang baik dengan berjalan-jalan, berdansa, melihat pemandangan atau berolahraga.

Menurut sebuat studi di Cosmopolitan.com  menunjukkan bahwa olahraga dapat meringankan efek samping antidepresan pada wanita, bahkan berpotensi mengembalikan hasrat seksual.

Namun jika anda mengalami masalah gangguan kecemasan sehingga anda mengalami disfungsi ereksi ada biaknya dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Beraktivitas yang menyenangkan bersama pasangan tidak hanya dapat menghilangkan stress dan kecemasan namun juga dapat membangun kedekatan sehingga anda dan pasangan bisa lebih terbuka satu sama lain agar aktivitas seksual menjadi lebih hangat.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *