Ejakulasi Dini pada Pria

ejakulasi dini

ejakulasi dini

Ejakulasi dini merupakan gangguan seksual yang dapat menyebabkan Anda tidak puas ketika bercinta. Bukan hanya dari sisi pria, masalah seksual ini lebih merugikan pihak wanita yang umunya membutuhkan waktu lebih lama untuk orgasme atau ejakulasi.

Masalah ini lebih umum terjadi pada pria dewasa usia 35 tahun ke atas, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pria berusia muda juga bisa mengalami hal tersebut. Terlebih jika di usia muda gaya hidup dan pola makan Anda tidak baik.

Ejakulasi dini merupakan masalah seksual yang harus segera di atasi, jangan sesekali Anda meremahkannya. Sebab statistik mengatakan hampir 30% wanita di dunia memutuskan bercerai dengan pasangannya dikarenakan tidak puas di atas ranjang.

Apa itu Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini adalah keadaan dimana pria mendapatkan orgasme dan ejakulasi sesaat atau sebelum penetrasi pada saat berhubungan seks. Umumnya pria dinyatakan ejakulasi dini adalah durasi dari penetrasi atau ketika penis masuk ke vagina yaitu selama 5 menit.

Jika pria mengalami ejakulasi kurang dari 5 menit maka kemungkinan besar pria tersebut mengelami masalah ejakulasi. Selain itu biasanya masalah seksual ini juga sering kali disertai dengan komplikasi masalah seksual lainnya yaitu Impotensi.

Masalah ini harus segera di atasi atau dilakukan pengobatan. Namun, sayangnya kebanyakan pria tidak mempermasalahkan hal ini sama sekali, sehingga dalam waktu jangka panjang bisa berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga Anda.

Penyebab Ejakulasi Dini

Ejakulasi yang cepat merupakan mimpi buruk bagi semua pria. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari gaya hidup yang buruk, faktor fisik, hingga dari faktor psikologis. Agar lebih jelas berikut beberapa penyebab dari ejakulasi yang cepat.

 Faktor gaya hidup yang buruk:

  • Pola masturbasi dengan menggunakan tangan.
  • Keinginan cepat keluar pada saat onani.

Faktor Fisik:

  • Hormon tiroid terganggu.
  • Masalah pada prostat
  • Gangguan hormon lainnya

Faktor psikologis:

  • Stres.
  • Depresi.
  • Cemas.
  • Tidak percaya diri ketika akan bercinta.

Mengetahui penyebabnya lebih awal dapat membantu Anda mencegah masalah ejakulasi yang cepat ini teratasi lebih awal. Oleh karena itu pastikan Anda menghindari beberapa hal di atas agar kehidupan seks Anda tetap memuaskan.

Gejala yang Muncul

Normalnya, pria bisa mengendalikan kapan pun dia hendak mengalami ejakulasi. Namun, pada penderita masalah ejakulasi cepat, ia tidak bisa menahannya. Beberapa ahli menyimpulkan, sebaiknya pria bertahan hingga 4-8 menit.

Hal tersebut disesuaikan dengan kemampuan wanita untuk mendapatkan orgasme atau puncak kenikmatan (klimak). Sehingga bila pria mampu bertahan di atas 5 menit, sudah bisa dikatakan optimal, atau bisa lebih dari 18 kali goyangan ketika berhubungan seks.

Untuk gejala lebih parah dari masalah ini yaitu pria tidak mampu untuk menunda ejakulasinya lebih lama dari satu menit setelah pria melakukan penetrasi. Mudah klimaks ketika masturbasi juga bisa menjadi gejala awal Anda mengalami masalah ejakulasi.

Diagnosis

Beberapa ahli di negara maju menggunakan patokan IELT, bilamana kurang dari dua menit, pada umumnya dapat didiagnosis mengalami masalah ini dan memerlukan pengobatan. Beberapa ahli pun menggunakan, bilamana sudah berlangsung lebih dari setengah dari total keseluruhan hubungan seks yang telah dilakukan seumur hidup, maka pengobatan secara medis diperlukan.

Namun, di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, para ahli menyimpulkan rata-rata penderita masalah ini memiliki skor IELT sebanyak 1,67 menit, artinya bisa disimpulkan rata-rata penderita ini seluruh dunia tidak mampu mempertahankan ejakulasi di atas 2 menit, dan angka ini sangatlah singkat secara durasi sebelum pasangannya mencapai orgasme atau klimaks dari hubungan seks.

Pengobatan 

Ejakulasi yang cepat merupakan masalah seksual yang harus segera diatasi agar kehidupan seksual Anda dengan pasangan kembali memuaskan dam keharmonisan rumah tangga Anda semakin erat. Nah, untuk pengobatannya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, berikut beragam pengobatannya.

1. Pengobatan medis

Cara ini adalah yang terbaik karena langsung ditangani oleh ahlinya dan menggunakan obat-obatan farmasi yang telah diketahui efek sampingnya dan biasanya ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya seperti yang dilakukan di Klinik Lelaki.

2. Terapi psikis

Gangguan psikologis seperti stres, depresi, dan cemas merupakan sebagian faktor penyebab dari masalah ejakulasi Amda. Nah untuk mengatasinya yaitu dengan terapi psikis. Cara ini efektif sekali bagi yang mengalaminya hanya dalam waktu yang cenderung singkat sebagai akibat dari stres psikis.

3. Terapi seks

Beberapa jenis terapi yang dapat dilakukan oleh pasien itu sendiri sebagai penanganan utama, di antaranya adalah senam Kegel, Yoga, dan terapi lainnya. Cara ini terbilang sangat sederhana untuk dicoba ketika masalah ejakulasi  Anda belum terlalu parah.

Ejakulasi dini merupakan masalah seksual yang paling banyak di derita oleh hampir seluruh pria di dunia. Penanganan yang cepat merupakan hal paling tepat agar kegiatan seksual Anda dengan istri lebih memuaskan dan juga keharmonisan rumah tangga Anda menjadi lebih erat. Oleh karena itu konsultasi segera masalah ejakulasi Anda dengan menghubungi Klinik Lelaki.

Referensi:

  • Hsu YC, dkk. (2013).
    10.1016 / j.urols.2013.01.004
  • Healthline.com
  • Staf Mayo Clinic. (2018).
    mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/sym GEJALA-causes/syc-20354900
  • Premature ejaculation. (nd).
    columbiaurology.org/adult-urology/sexual-function-and-infertility/premature-ejaculation
  • Steggall MJ. (2010).
    10.1002 / tre.143
  • What is premature ejaculation? (nd).
    urologyhealth.org/urologic-conditions/premature-ejaculation

Ilustrasi gambar by Freepik

2 tanggapan pada “Ejakulasi Dini pada Pria”

Tinggalkan Balasan