Gangguan kehamilan

impoten

Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi (misalnya, dalam kasus kembar, atau triplet/kembar tiga).

Terjadinya kehamilan selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 minggu dari pembuahan). Istilah medis untuk wanita hamil adalah gravida, sedangkan manusia di dalamnya disebut embrio (minggu-minggu awal) dan kemudian janin (sampai kelahiran). Seorang wanita yang hamil untuk pertama kalinya disebut primigravida atau gravida . Seorang wanita yang belum pernah hamil dikenal sebagai gravida .

Penyebab gangguan  kehamilan

Banyak calon orang tua yang mendambakan buah hatinya lahir dengan normal oleh karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati, di bawah ini beberapa penyebab gangguan kehamilan

Asap Rokok

Asap Rokok, Bukan hanya merokok langsung secara aktif, perokok pasif atau terhirup asap rokok di lingkungan bagi ibu hamil bisa berdampak buruk. Ibu hamil yang terpapar asap roko dapat menyebab kan calon anak mengalami gangguan seperti  lahir prematur, bayi yang lahir terlalu kecil pertumbuhan terlambat, kerusakan organ tubu yang paling parah adalah kegagalan janin atau kematian.

Flu Berkepanjangan

Flu Berkepanjangan , Risiko skizofrenia atau gangguan jiwa tiga kali lipat saat ibu sakit flu selama paruh pertama kehamilan dan meningkat tujuh kali lipat jika paparan terjadi pada trimester pertama.

Kekurangan  Asam Folat

Kekurangan Asam Folat, Konsumsi asam folat yang cukup saat kehamilan merupakan kunci perkembangan dan metabolisme sel pada awal terjadinya pembuahan,  kekurangan asam folat akan menyebabkan bayi menderita spina bifida dan kecacatan lainnya.

Infeksi Torch

TORCH adalah istilah yang mengacu kepada infeksi yang disebabkan oleh (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II (HSV-II) dalam wanita hamil, infeksi TORCH ini sering menimbulkan berbagai masalah kesuburan (fertilitas) baik pada wanita maupun pria sehingga menyebabkan sulit terjadinya kehamilan.

Konsumsi Antidepresan

Diketahui jika konsumsi antidepresan selama hamil akan memberikan efek jangka panjang terhadap janin. Lebih dari 13 persen wanita mengonsumsi antidepresan saat hamil,  penelitian lain juga menemukan mengonsumsi salah satu jenis antidepresan yaitu selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) ketika hamil dikaitkan dengan tingginya risiko keguguran, lahir cacat, persalinan prematur dan gangguan perilaku pada bayi, termasuk autisme.

Kekurangan yodium

Kekuarangan Yodium , Defisiensi atau kekurangan yodium saat kehamilan dapat melahirkan kretine endemik serta gangguan kognitif dan psikomotorik yang bersifat menetap. Namun kerusakan ini dapat dicegah hanya dengan memberikan masukan yodium yang cukup pada menu makanan sehari-hari.

Kekurangan Vitamin D

Rendahnya kadar ‘vitamin sinar matahari’ selama hamil akan menyebabkan gangguan kesehatan pada sang ibu maupun si anak. Sebuah kajian terhadap 30 penelitian mengungkapkan rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh seorang ibu dikaitkan dengan tingginya risiko diabetes gestasional, pre-eclampsia dan berat lahir yang rendah. Vitamin D berpengaruh sangat positif bagi ibu hamil dan calon bayinya.

Paparan Polusi Udara

Polusi udara yang disebabkan oleh lalu lintas, industri hingga debu selama masa kehamilan akan meningkatkan risiko berat lahir bayi rendah. Ada dua jenis polusi kendaraan bermotor yang berdampak pada pertumbuhan janin, yaitu partikel hitam dan nitrogen dioksida.

Kegemukan Pada Kehamilan

Berat badan sebelum hamil atau obesitas yang terjadi saat hamil (maternal obesity) meningkatkan risiko seorang wanita untuk terserang diabetes gestasional atau menjalani persalinan prematur, termasuk memberikan risiko obesitas dan diabetes pada si anak. Sebuah studi terbaru juga telah mengaitkan antara berat badan wanita pra-kehamilan dengan risiko asma pada anaknya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: