Kucing Menyebabkan Kemandulan Pada Pria. Hati – Hati !!!

kucing bikin mandul-impotensi

kucing menyebabkan kemandulan-impotensi

Mempunyai kucing peliharaan saat ini sudah menjadi hal yang wajar. Bahkan sudah dianggap dan diperlakukan sebagai bagian dari anggota keluarga. Namun, apakah Anda masih mau mengambil risiko jika memang benar kucing menyebabkan mandul?

Mungkin Anda sudah sering mendengar mitos yang beredar di masyarakat mengenai bulu kucing menyebabkan kemandulan yang berbahaya bagi pasangan yang menginginkan keturunan. Yang sering kita dengar yaitu tentang parasit toksoplasma yang bisa menyerang janin di ibu hamil karena bisa menyebabkan cacat lahir atau bahkan keguguran. Tidak hanya tentang kucing, beberapa mitos tentang kesuburan pria maupun wanita juga sering kita temui.

Pada wanita, toksoplasma memang cukup rentan karena yang diserang adalah janin yang ada di dalam kandungan. Berita baiknya, memelihara kucing belum berarti sudah pasti akan terkena tokso jika mampu menjaga kebersihannya. Lalu meskipun bisa menyerang janin namun parasit ini tidak mempengaruhi kesuburan wanita.

Lalu bagaimana jika parasit ini menyerang kaum pria?

Pada kaum pria kasus ini justru sebaliknya, kucing menyebabkan kemandulan. Dalam kata lain infeksi toksoplasma membuat pria menjadi tidak subur. Loh kok bisa???

Kadar kesuburan pria sendiri ditentukan oleh kondisi alat reproduksi dan kualitas sperma yang dihasilkan oleh tubuh. Iya benar, parasit ini menyerang alat reproduksi pria diantaranya yaitu menyebabkan kelenjar getah bening bengkak dan inflamasi pada saluran sperma. Jika berlarut-larut dan tidak segera ditangani, pria yang menderita toksoplasma bisa mengalami kemandulan dan tidak bisa berketurunan.

Toksoplasma sendiri tidak bisa ditularkan dari manusia ke manusia namun melalui perantara hewan. Tidak seperti mitos yang beredar, bulu kucing bukan medium bagi parasit ini, bukan pula air liurnya. Yang menjadi tempat parasit ini adalah kotorannya, oleh karena itu harus sebersih mungkin dalam menangani kebersihan hewan peliharaan.

Selain itu, kucing bukan satu-satunya hewan yang bisa ditumpangi parasit ini. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Daging yang tidak dimasak dengan benar seperti daging kambing, memiliki kemungkinan tinggi mengandung tokso.
  • Sayuran yang tidak dicuci dengan bersih dan tidak dimasak dengan benar.
  • Kotoran hewan mamalia lainnya seperti tikus yang sering berkeliaran di tempat-tempat kotor

Infeksi toksoplasma  tidak terlihat dari luar secara signifikan karena tidak menimbulkan gejala apapun. Untuk mengetahui apakah Anda atau pasangan mengidapmya, Anda akan diminta untuk melakukan tes darah TORCH. Pada orang dewasa yang positif akan diarahkan untuk menjalani rangkaian pengobatan dan terapi untuk membunuh parasit ini di dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan