Testosteron

Hormon Testosteron Rendah? Kenali Tanda-Tandanya

Testosteron

Menurunnya hormon testosteron pada tubuh merupakan salah satu penyebab impotensi yang sering ditemukan pada pria.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar dua dari seratus orang pria mempunyai kadar testosteron yang rendah di dalam tubuh. Namun, banyak yang tidak menyadarinya hingga sudah sampai pada tahap yang mengkhawatirkan.

Rendahnya tingkat testosteron pada tubuh pria bisa diketahui dari beberapa tanda berikut ini:

1. Rambut rontok.

Baik pria maupun wanita, kerontokan rambut merupakan hal yang alami terjadi seiring bertambahnya usia. Namun berhati-hatilah jika Anda masih dalam usia muda namun selalu memiliki masalah kerontokan rambut, bisa jadi dikarenakan level hormon ini pada tubuh  Anda menurun.

2. Susah tidur

Pria yang memiliki kadar rendah biasanya juga memiliki masalah gangguan tidur. Pada kasus yang parah, gangguan tidur ini bisa menyebabkan penderitanya tiba-tiba berhenti bernafas yang kemudian akan mengganggu siklus tidurnya.

3. Energi untuk beraktivitas menurun dan mudah lelah

Mager atau malas bergerak bisa menjadi indikasi berkurangnya hormon ini dalam tubuh. Selain itu, orang tersebut merasa mudah lelah meskipun sudah beristirahat yang lama.

4. Mood berubah-ubah

Rendahnya tingkat hormon ini dalam tubuh menyebabkan seseorang memiliki tingkat fokus yang rendah, mudah tersinggung dan rentan terhadap depresi.

5. Massa tulang berkurang

Hormon ini membantu produksi jaringan tulang dan mempertahankan volume tulang. Seseorang dengan level testosteron rendah akan lebih mudah mengalami patah tulang.

6. Lemak tubuh bertambah

Pada beberapa kasus, defisiensi testosteron akan menyebabkan gynecomastia, yaitu kondisi pada pria yang menyebabkan pembesaran di daerah dada.

7. Massa otot berkurang

Hormon ini  berperan dalam pertumbuhan massa otot. Seseorang dengan tingkat testosteron rendah akan mengalami pengurangan massa otot, namun tidak mempengaruhi fungsi dan kekuatan otot orang tersebut.

8. Gairah untuk berhubungan berkurang

Berkurangnya gairah untuk berhubungan seksual biasanya terjadi sejalan dengan bertambahnya usia, namun seseorang yang mempunyai kadar testosteron rendah akan mengalami hal ini juga.

9. Ukuran testikel mengecil

Ukuran testikel akan mengecil biasanya pada temperatur yang rendah, namun seseorang yang memiliki kadar testosteron rendah akan mengalami hal ini juga meskipun pada temperatur tinggi.

10. Susah berereksi

Pada pria, hormon ini menstimulasi produksi nitrit oksida, yaitu senyawa yang memulai terjadinya ereksi. Jika terlalu rendah, seorang pria kemungkinan besar akan susah berereksi.

11. Jumlah semen semakin sedikit

Hormon ini membantu stimulasi produksi semen sehingga jika hormon ini berkurang bisa menyebabkan menurunnya jumlah dan kesuburan sperma.

Kondisi rendahnya testosteron ini dapat dicegah dan diatasi secara alami, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Beberapa sumber makanan yang dapat meningkatkan kadar hormon ini contohnya yaitu daging sapi, telur, tiram, susu, kacang-kacangan, kerang dan lain sebagainya.

Bila  Anda masih ragu tentang kondisi tubuh Anda, akan lebih baik jika mendapat konsultasi medis. Dokter biasanya akan memberikan cara-cara yang aman dan sesuai  untuk meningkatkan level hormon testosteron Anda. Segera tanya dengan Dokter ahli di Klinik Lelaki solusi tepat untuk atasi Impotensi  dan Ejakulasi Dini.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan tanya dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *