Faktor Psikologis, Makin Cemas Makin Cepat Ejakulasi

cepat ejakulasi

Pria yang terlalu cepat ejakulasi tidak akan merasakan kepuasan saat berhubungan intim terutama sang istri. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ejakulasi karena faktor psikologis? Simak artikel di bawah ini hingga selesai!

Terlalu cepat ejakulasi merupakan masalah yang cukup besar bagi pria. Ternyata 90 persen faktor yang menyebabkan masalah tersebut dipengaruhi oleh psikologis pria. Jika kondisi ini berlangsung dalam beberapa waktu, bisa menjadi masalah bagi kepercayaan diri pria.

Selain itu mereka juga jadi tertekan dan malu dan bahkan, kondisi ini bisa menimbulkan masalah rumah tangga dengan istri Anda. Tentunya hal ini jika diabaikan atau menganggap sepele maka kepuasan dalam bercinta akan berpengaruh terhadap kepuasan di atas ranjang.

Terlalu Cepat Ejakulasi Karena Faktor Psikologis

Ejakulasi terlalu cepat bisa terjadi karena berbagai hal. Bahkan, kondisi ini bisa terjadi karena suatu penyakit, bisa pula akibat dari kondisi psikologi. Namun, kebanyakan pria lebih memilih untuk merahasiakan masalah kesehatan ini dan menggunakan obat kuat. Padahal, hal tersebut berisiko dan bisa mengarah pada terjadinya komplikasi yang serius.

Contoh penyebab ejakulasi terlalu cepat karena psikologis:

  1. Pengalaman seksual pertama kali yang penuh dengan antusiasme sekaligus rasa cemas juga bisa memicu kondisi ini.
  2. Cemas berlebihan akan mempengaruhi performa seksual.
  3. Kekhawatiran mempertahankan ereksi malah bisa membuat stres yang berakhir terjadinya Ejakulasi Dini.

Bukan hanya karena masalah psikologis masalah ini juga dapat disebabkan oleh faktor biologis seperti:

  1. Tingkat hormon tidak normal.
  2. Tingkat neurotransmitter serotonin rendah.
  3. Masalah tiroid.
  4. Peradangan atau infeksi pada organ reproduksi terutama pada bagian prostat atau uretra.
  5. Kerusakan sistem saraf. Misalnya akibat trauma maupun operasi.
  6. Konsumsi obat-obatan.
  7. Penyakit diabetes atau kardiovaskular.

Cara Mengelola Gangguan Psikologis Terutama Stres

Langkah pertama mengatasi stres adalah dengan mengetahui apa yang menyebabkan stres, dalam hal ini Anda sendiri yang mengetahuinya. Setelah itu, tuliskan apa saja pemicu stres tersebut sehingga Anda dapat mengantisipasi langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencegah atau melawan stres.

Langkah selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi untuk tubuh dan pikiran Anda, seperti olahraga, meditasi, yoga, dan melakukan hobi yang disukai.

Tidak hanya Ejakulasi dini stres pun dapat menyebabkan Anda Impotensi. Stres dalam jangka panjang dapat menyebabkan menurunnya kadar testosteron secara drastis dan digantikan dengan meningkatnya hormon stres, yaitu kortisol secara konstan. Kondisi ini yang akan mengganggu produksi sperma yang menjadi penyebab Impotensi.

Referensi:
Alodokter.com

Ilustrasi gambar by Unsplash

Tinggalkan Balasan