Ini Alasan Kenapa Pria Tidak Di Anjurkan Kencing Sambil Berdiri

kencing sambil berdiri

Sudah menjadi kebiasaan turun temurun pria kencing sambil berdiri, tetapi tahukah Anda kencing dengan berdiri dapat berbahaya bagi kesehatan.

Sudah menjadi kebiasaan turun temurun, kalau pria kencing dengan posisi berdiri. Hal itu pun didukung dengan sarana pembuangan urinal yang menggantung, seperti yang ada di mall atau perkantoran pada umumnya. Tapi, adakah bahaya posisi kencing berdiri untuk pria?

Baca juga: Ketahui Ini 9 Penyebab Rasa Sakit Saat Pria Ejakulasi

Bahaya posisi kencing berdiri untuk para pria penderita gangguan saluran kencing bawah

Hasil dari riset di Departemen Urologi di Leiden University Medical Center Belanda, untuk para pria sehat, tidak ditemukan adanya perbedaan atau bahaya mencolok antara posisi kencing berdiri dengan kencing jongkok. Namun, ada sebuah laporan analisis yang menyatakan bahwa pria yang mengidap LUTS (lower urinary tract symptoms) atau gejala gangguan saluran kemih bawah, justru akan lebih bisa mengosongkan kandung kemihnya, meningkatkan kecepatan laju air kencing, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk kencing jika ia kencing sambil jongkok dibanding dengan kencing berdiri.

Berbanding terbalik dengan kencing berdiri ternyata kencing sambil duduk memiliki beberapa manfaat loh.

1. Memperbaiki kualitas seks

Kebiasaan duduk sambil buang air kecil juga berkontribusi pada kehidupan seks yang lebih baik.

2. Mencegah penyebaran penyakit

Buang air kecil sambil duduk akan meminimalisir urine supaya tidak memercik dan menyebar ke mana-mana. Sebab urine yang menyebar bisa menjadi media untuk pertumbuhan bakteri.

3. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Kencing dengan posisi duduk bisa membuat kandung kemih sepenuhnya kosong. Selain risiko infeksi saluran kemih lebih rendah, kesehatan genital juga lebih terjaga.

4. Mengurangi risiko penyakit prostat

Pria yang buang air kecil dalam posisi duduk disebut bisa mengurangi risiko penyakit prostat.