Ini Alasan Kenapa Kencing Sambil Berdiri Bahaya Bagi Pria

kencing sambil berdiri

bahaya kencing sambil berdiri

Sudah menjadi kebiasaan turun temurun pria kencing sambil berdiri, tetapi tahukah Anda kencing dengan berdiri dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Simak artikel di bawah ini hingga selesai!

Sudah menjadi kebiasaan turun temurun, kalau pria kencing dengan posisi berdiri. Hal itu pun didukung dengan sarana pembuangan urinal yang menggantung, seperti yang ada di mall atau perkantoran pada umumnya. Tapi, adakah bahaya posisi kencing berdiri untuk pria?

Ternyata posisi kencing sambil berdiri ini dapat menimbulkan beberapa masalah pada pria yaitu infeksi pada saluran kemih. Tentunya jika masalah dibiarkan terus menerus ini dapat menimbulkan masalah yang lebih parah. Berikut penjelasan bahaya kencing sambil berdiri.

Bahaya Kencing Sambil Berdiri Terjadi Infeksi Saluran Kemih

Berbahaya kencing sambil berdiri untuk para pria penderita gangguan saluran kencing bawah. Hasil dari riset di Departemen Urologi di Leiden University Medical Center Belanda, untuk para pria sehat, tidak ditemukan adanya perbedaan atau bahaya mencolok antara posisi kencing berdiri dengan kencing jongkok.

Namun, ada sebuah laporan analisis yang menyatakan bahwa pria yang mengidap LUTS (lower urinary tract symptoms) atau gejala gangguan saluran kemih bawah, justru akan lebih bisa mengosongkan kandung kemihnya, meningkatkan kecepatan laju air kencing, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk kencing jika ia kencing sambil jongkok.

Kencing sambil berdiri dapat menimbulkan infeksi pada saluran kemih. Ketika Anda kencing dengan posisi berdiri dapat menimbulkan penyebaran bakteri pada urin. Penyebaran ini pun akan menempel pada urinal atau dapat berubah menjadi cipratan kecil yang menyebar. Gejala yang akan timbul ketika mengalami infeksi saluran kemih:

• Merasakan sakit saat buang air.
  • Ingin selalu buang air kecil serta tidak bisa ditahan.
  • Rasa tidak nyaman dan nyeri pada perut bagian bawah.
  • Warna urin yang keruh, bahkan lebih para bisa bercampur darah.
  • Badan terasa lelah, tidak enak, dan nyeri.

Manfaat Kencing Sambil Duduk

Berbanding terbalik dengan kencing berdiri ternyata kencing sambil duduk memiliki beberapa manfaat loh. berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika kencing sambil duduk.

1. Memperbaiki kualitas seks

Kebiasaan duduk sambil buang air kecil juga berkontribusi pada kehidupan seks yang lebih baik.

2. Mencegah penyebaran penyakit

Buang air kecil sambil duduk akan meminimalisir urine supaya tidak memercik dan menyebar ke mana-mana. Sebab urine yang menyebar bisa menjadi media untuk pertumbuhan bakteri.

3. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Kencing dengan posisi duduk bisa membuat kandung kemih sepenuhnya kosong. Selain risiko infeksi saluran kemih lebih rendah, kesehatan genital juga lebih terjaga.

4. Mengurangi risiko penyakit prostat

Pria yang buang air kecil dalam posisi duduk disebut bisa mengurangi risiko penyakit prostat. Setelah mengetahui bahaya kencing sambil berdiri, sudah saatnya memperbaikinya. Mencegah dari sekarang lebih baik dari pada mengobati di kemudian hari.

Nah, itu tadi penjelasan bahaya terkait kencing sambil berdiri. Jadi agar menghindari masalah infeksi saluran kemih mulai dari sekarang ubah posisi kencing menjadi jongkok.

Referensi:
Mensheatlh.com