Ini Dia Fungsi Dari Payudara Pria

fungsi payudara pria

Banyak pria yang beranggapan bahwa payudara miliknya tidak memiliki fungsi, perlu Anda ketahui payudara pada pria bukan hanya asesoris semata. Simak artikel Ini!

Pada wanita, Payudara menjadi media untuk memberi makan bayi secara alami demi tumbuh kembang yang sehat. Namun, tak hanya wanita, pria juga memiliki puting. Lalu pada tubuh pria, apa fungsi payudara sebenarnya?

klinik lelaki

Berikut ini fungsi dari payudara pria

Manusia dilengkapi dengan beberapa bagian tubuh dengan fungsinya masing-masing untuk menunjang segala aktivitasnya. Berbeda dengan alat indera dengan kegunaan vitalnya, beberapa bagian tubuh lain justru terlihat sepele dan seakan tidak ada gunanya. Salah satu yang kerap dipertanyakan adalah puting susu pria.

Sebenarnya, puting susu pria ternyata tidak memiliki fungsi yang spesifik. Tidak seperti pada wanita yang fungsinya untuk menyusui alias laktasi, fungsi puting pada pria hanya untuk pelindung tubuh. Puting seorang pria dipercaya berfungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru. Diketahui, puting akan jadi lapisan pertama pelindung organ jantung dan paru-paru saat terjadi kecelakaan agar tak menimbulkan cedera parah yang dapat menyebabkan gagalnya fungsi organ dan bahkan sampai menyebabkan kematian.

Meskipun demikian, puting susu pria justru berfungsi sebagai salah satu zona erotik pria, yaitu zona sensitif rangsangan saat berhubungan seksual. Area berwarna gelap di sekitar puting yang dikenal dengan istilah areola diketahui terdiri dari saraf yang cukup sensitif dan dapat mendatangkan kesenangan seksual. Biasanya, puting wanita bisa membesar dan menjadi tegak saat terkena rangsangan, namun puting pria justru akan menegang saat mereka mengalami orgasme.

Pria dan kanker payudara

Payudara pria memang tidak dapat membesar layaknya payudara dan puting wanita. Tetapi payudara dan puting pada pria juga dapat menghasilkan susu dan mengalami kanker payudara.

Tingkat hormon estrogen yang biasanya terdapat pada perempuan ternyata juga terdapat pada tubuh pria. Jika terjadi kondisi atau penyakit tertentu yang mempengaruhi hormon, maka jaringan payudara pada pria dapat tumbuh, yang disebut dengan gynecomastia. Kondisi inilah yang menyebabkan payudara pria juga dapat menghasilkan susu atau ASI.

Gynacomastia atau pembesaran abnormal pada payudara laki-laki, lebih sering terlihat pada masa remaja, masa pengembangan ketika hormon banyak berfluktuasi. Hal ini juga terlihat pada beberapa laki-laki dengan penyakit hati dan kadang-kadang pada pecandu alkohol.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan