Jangan Makan Ini, Hormon Testosteron Anda Bisa Rendah

Kadar testosteron yang rendah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti hipogonadisme atau infertilitas. Nah 5 makanan ini dapat membuat hormon testosteron rendah. Simak artikel ini!

Hormon testosteron merupakan hormon seks steroid yang utama pada pria. Fungsi hormon ini testosteron antara lain untuk produksi sperma pada masa kehidupan dewasa. Tapi tahukah Anda ada beberapa jenis makanan yang memiliki efek menurunkan kadar testosteron dalam tubuh, misalnya makanan yang mengandung minyak nabati. Para ahli menyebutkan bahwa minyak nabati terhidrasi sebagian yang menurunkan kadar testosteron. Bukan hanya itu 5 makan ini juga dapat menurunkan kadar testosteron pada pria.

klinik lelaki

Berikut 5 makanan yang menurunkan kadar testosteron.

1. Produk berbahan kedelai.

Makanan yang berbahan dari kedelai, seperti tempe, tahu dan lain-lain. Senyawa pada kedelai seperti  isolat protein kedelai yang mengandung fitoestrogen ini memiliki bentuk dan fungsi yang mirip dengan estrogen di dalam tubuh.

Riset jurnal German Medical Science terlalu banyak mengonsumsi kedelai bisa memicu penurunan kadar hormon testosteron. Peneliti menduga kandungan fitoestrogen dalam kedelai yang dapat menyebabkan gejela penurunan testosteron.

2. Produk susu

Olahan makanan atau minuman yang berbahan susu sapi mengandung hormon sintetis alami, hormon ini dapat memengaruhi kadar testosteron pria.

Selain itu Sapi yang memakan kedelai juga dapat membuat lebih parah karena terdapat kadar estrogen dalam susu sapi.

3. Alkohol

Mengurangi meminum alkohol juga menyeimbangkan kadar testosteron dalam tubuh. Beberapa penelitian sudah membuktikan asupan alkohol meski dalam jumlah kecil dapat menyebabkan penurunan kadar testosteron pada pria.

Namun sebaliknya pada wanita yang mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat mengalami kenaikan kadar testosteron, yang tentunya akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

4. Mint

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Advanced Pharmaceutical Bulletin, minyak yang terbuat dari daun mint bisa mengurangi kadar testosteron.

Penelitian dalam BMC Complementary & Alternative Medicine juga menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mint menurunkan kadar testosteron pada wanita penderita PCOS.

5. Lemak Trans

Penelitian dalam Asian Journal of Andrology yang mengamati pola diet para pria telah membuktikan hal ini.

Dalam penelitian tersebut, terbukti bahwa konsumsi lemak trans dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh.

Peneliti juga menemukan konsumsi asam lemak omega-6 yang terlalu banyak juga bisa mengurangi ukuran dan fungsi testis.

Itu tadi beberapa makanan yang membuat kadar testosteron yang rendah, Kurangi makanan di atas mulai hari ini!

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segera tanya dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan