Karma Penyebab Gancet? Ini Penjelasan Medisnya

penyebab gancet
penyebab gancet
©Freepik

Masih banyak orang yang bertanya-tanya ko bisa gancet? Apasih penyebab gancet? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui jawabannya!

Gancet atau penis captivus adalah kondisi penis pria tidak bisa atau sulit lepas dari vagina perempuan ketika melakukan hubungan seks hingga penetrasi. Fenomena gancet beberapa kali sempat viral di dunia maya karena memang ini kondisi yang terbilang jarang terjadi.

Namun, kondisi ini tidak tergolong membahayakan. Dilansir dari medinewstoday.com, kalaupun ini menjadi kasus medis yang serius, pasti akan sangat sering diberitakan di mana-mana.

klinik lelaki

Penyebab Terjadinya Gancet atau Penis Captivus 

Sayangnya karena kurangnya edukasi tentang masalah ini banyak orang yang beranggapan penyebab gancet atau captivus  adalah hukum alam, karma atau lain-lain, sebenarnya kejadian ini dapat dijelaskan secara medis. Berikut ini penyebab gancet yang perlu Anda ketahui agar tidak salah kaprah

1. Penis Ereksi Sangat Keras 

Ketika penis dalam kondisi ereksi sangat keras dan dinding vagina mencengkeram sangat kuat, risiko terjadi gancet makin besar. Hal itu berbeda jika penis tidak terlalu keras atau masih cukup lembek untuk bisa fleksibel keluar dari dinding vagina yang menjepit kuat.

2. Vagina Perempuan yang Menekan Terlalu Kuat saat Penetrasi

Dinding vagina terbentuk dari jaringan-jaringan otot. Nah, sebagaimana otot yang lain, otot di dinding vagina ini juga bisa berkontraksi, bahkan sampai tingkat kekuatan yang tinggi.

Kalau dinding vagina ini sedang dalam keadaan bisa menekan sesuatu yang masuk dengan sangat kencang, benda tersebut bisa terjepit hingga dinding vagina bisa relaks kembali.

3. Rasa Terkejut

Biasanya, kondisi ini menyerang pasangan yang melakukan hubungan seks dalam keadaan satu atap dengan orang lain (keluarga, anak, atau bahkan teman) di tempat terbuka, di tempat umum yang dikira aman, atau dengan pasangan tidak sah yang khawatir diketahui orang lain.

Dilansir dari medicaldaily.com, ketika aktivitas seksual kalian dipergoki seseorang, bukan tidak mungkin rasa kaget dan cemas berlebihan itu akan menyebabkan kontraksi dinding vagina berlebihan sehingga sampai menjepit penis.

4. Menggunakan Posisi Bercinta yang Salah

Hubungan seks itu memang ibarat bertualang dalam dunia fantasi kalian sendiri sebagai pasangan. Banyak variasi yang kalian lakukan di dalamnya. Bukan tidak mungkin kalian melakukan posisi seks yang salah yang sampai menyebabkan rasa sakit, misalnya hingga keseleo atau otot dan saraf terjepit.

Dilansir dari healthline.com, rasa sakit berlebih ini bisa membuat kalian (terutama jika perempuan yang mengalami) terkejut dan tubuh berkontraksi secara berlebihan. Ketika ini terjadi di tengah penetrasi, dinding vagina bisa sangat menjepit penis yang masuk karena menahan rasa sakit itu.

5. Orgasme Wanita yang Berlebihan Sampai Menjepit

Butuh kondisi yang benar-benar pas hingga gancet bisa terjadi akibat orgasme, misalnya penis si pria terbilang besar untuk ukuran lubang vagina si perempuan atau ereksinya tergolong sangat keras dan jepitan dinding vaginanya saat orgasme juga sangat keras.

Ketika semua itu terpenuhi, gancet bisa mungkin terjadi. Bisa dibilang pasangan tersebut menemukan “jodoh” gancetnya. Dilansir dari medicalnewstoday.com, gancet yang terjadi akibat orgasme ini bisa segera selesai ketika si perempuan sudah bisa benar-benar relaks.

Referensi:
medinewstoday.com, medicaldaily.com, healthline.com

Tinggalkan Balasan