Dianggap Sepele, 8 Kebiasaan Ini Menyebabkan Mandul

kebiasaan menyebabkan mandul

kebiasaan menyebabkan mandul

Mandul dapat terjadi oleh beberapa faktor, kebiasaan yang di anggap sepele pun ternyata dapat menyebabkan mandul. Penasaran kebiasaan apa saja? Simak artikel ini!

Semua pasangan yang sudah menikah pasti ingin memiliki keturunan. Namun tidak semua pasangan dikaruniai seorang anak mandul menjadi salah satu penyebabnya. Banyak di antara pasangan yang tidak mengetahui apa penyebab kemandulan yang mereka alami. sehingga perselingkuhan atau perceraian yang menjadi pilihan terakhir. Ternyata kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak disadari ini dapat menyebabkan mandul.

klinik lelaki

Berikut ini 8 kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan mandul baik pria maupun wanita.

1. Memakai celana dalam yang salah

Sebuah penelitian dari National Institute of CHild Health and Human Development menyatakan bahwa pilihan pakaian dalam akan memengaruhi tingkat kualitas sperma. Celana dalam yang sempit akan membuat skrotum tertekan dan mengurangi sirkulasi udara. Akibatnya, suhu testis akan meningkat di atas suhu normal sehingga menyebabkan penurunan jumlah sperma.

2. Merokok

Rokok mengandung nikotin dan zat berbahaya lain yang bisa tersimpan dalam darah serta organ tubuh lain termasuk paru-paru dan jantung. Selain itu, rokok juga sudah terbukti bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak sehat dan kemandulan. Bagi ibu hamil yang tetap melakukan kebiasaan ini dapat mengakibatkan keguguran dan melahirkan secara prematur.

3. Rutin begadang

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kurang tidur dapat merusak sel sperma dan sel telur, sehingga menghambat kesehatan reproduksi bagi pria dan wanita sehingga sulit mendapatkan keturunan. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan hormon dan tidak teraturnya haid bagi wanita.

4. Rutin konsumsi makanan cepat saji

Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji sudah terbukti dapat membuat pria dan wanita sulit mendapatkan keturunan. Hal ini terjadi karena kondisi tubuh yang dipenuhi dengan lemak jenuh, sehingga menyebabkan masalah berat badan dan memicu munculnya diabetes.

5. Kecanduan kafein

Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang dan tidak berlebihan memang memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kafein dikonsumsi secara berlebihan justru dapat merusak kesuburan. Parahnya, hal ini tidak terjadi pada wanita saja, tapi juga pada pria.

6. Kelebihan berolahraga

Olahraga memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, ternyata olahraga yang berlebihan bagi perempuan seperti olahraga berat kardio dan angkat beban justru dapat menjadi penyebab kemandulan. Hal ini terjadi akibat masalah hormon akibat sistem reproduksi tidak bekerja secara normal, sehingga akan sulit mendapatkan tanda-tanda ovulasi pada rahim.

7. Terlalu lama menonton TV

Sebuah riset yang dilakukan di Denmark menunjukkan bahwa menonton televisi terlalu lama dapat meningkatkan risiko kemandulan. Hal ini akibat tubuh menjadi tidak aktif bergerak selama menonton tv, sehingga menyebabkan kekurangan enzim antioksidan dan peningkatan suhu skrotum akibat telalu lama duduk menonton tv.

8. Menyimpan gadget di kantong celana

Sebuah riset yang dilakukan di Inggris menyimpulkan bahwa radiasi smartphone dapat memengaruhi perkembangan dan fungsi sperma. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyimpan smartphone pada kantong celana, untuk mengurangi paparan sinar radiasi pada area intim.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan