6 Makanan untuk Kesuburan Pria dan Wanita

kesubura pria
Kesuburan pria
©freepik

Kesuburan pria dan wanita sering kali menurun secara tiba-tiba sehingga mengakibatkan susah untuk mendapatkan momongan. Kegiatan sehari-hari juga menjadi salah satu faktor yang membuat kesuburan menurun, akan tetapi hal ini dapat Anda atasi dengan 5 makanan ini!

Gaya hidup manusia di era modern seperti sekarang sangatlah tidak sehat mulai dari merokok hingga mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Gaya hidup dan mengonsumsi makanan tidak sehat merupakan beberapa faktor penyebab kesuburan Anda terganggu.

Untuk mengatasi masalah kesuburan ini terdapat dua cara yaitu dengan memperbaiki gaya hidup dengan mengurangi merokok dan lain-lain, atau dengan memperbaiki makanan yang Anda makan. Namun, jika kesuburan Anda sudah menurun terdapat beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengembalikan kesuburan.

klinik lelaki

Makanan Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Makanan untuk menunjang kesuburan pria dan wanita ini umumnya sangat banyak, akan tetapi kali ini Klinik Lelaki hanya akan memberikan 6 saja rekomendasi makanan yang cocok untuk meningkatkan kesuburan, berikut beberapa rekomendasinya:

1. Konsumsi Telur

Makanan pertama untuk meningkatkan kesuburan adalah telur. Kandungan Vitamin, Nutrisi, Protein, dan Kolin pada telur ini sangat berguna untuk kesehatan reproduksi khususnya bagi wanita. Kolin sendiri merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh, baik sebelum atau pada saat kehamilan.

2. Semua Buah Jenis Berry

Masih untuk kesuburan wanita, buah Strawberry, Blueberry, dan  Raspberry sangat cocok untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Kandungan Antioksidan serta Folat pada buah jenis berry ini sangat cocok untuk membasmi radikal bebas yang dapat merusak sel telur pada wanita.

3. Sayuran Fresh Berwarna Hijau

Makanan kesuburan untuk wanita terakhir adalah sayuran dengan daun berwarna hijau seperti Brokoli, Bayam, kangkung, dan beberapa jenis sayuran dengan daun berwarna gelap lainnya. Kandungan Vitamin B dan Folat pada sayur ini dapat meningkatkan ovulasi.

4. Makanan Mengandung Vitamin B12

Nah, kali ini makanan untuk kesuburan pria. Untuk meningkat kesuburan, pria perlu mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12 seperti ikan laut, susu sapi dan lain-lain. Vitamin B12 ini dapat meningkatkan sperma Anda serta membuat kemampuan sperma untuk bergerak ke sel telur menjadi lebih cepat.   

5. Makanan Mengandung Asam Folat

Makanan selanjutnya untuk kesuburan para pria ini adalah makanan yang mengandung asam folat seperti alpukat, gandum, sereal, daging, dan lain-lain. Asam Folat ini sangat baik untuk meningkatkan kesuburan serta mencegah hipertensi.

6. Makanan Memiliki Vitamin C

Makanan terakhir yang bisa dicoba pria konsumsi untuk meningkatkan kesuburannya yaitu dengan makanan mengandung Vitamin C, seperti jambu, leci, jeruk dan lain-lain. Vitamin C bermanfaat untuk menambah jumlah sperma serta ampuh untuk meningkatkan kualitas sperma.

Bagi Anda yang sedang memprogramkan kehamilan menjaga kesuburan organ reproduksi tetap prima merupakan hal yang wajib. Oleh karena itu jika Anda mengalami gangguan kesuburan baik pria atau juga wanita coba konsumsi 6 makanan di atas.

Referensi:
Cekaja.com

Tinggalkan Balasan