10 Manfaat Ciuman Bibir dengan Pasangan

manfaat ciuman

Berciuman jadi tanda rasa cinta dan kasih sayang pada pasangan. Selain itu, ciuman juga punya banyak manfaat. Simak artikel ini!

Ciuman adalah tanda kasih sayang yang kerap dilakukan oleh seseorang kepada pasangannya. Ciuman dapat dilakukan di kening, pipi, leher, hingga bibir. Untuk ciuman bibir, biasanya dilakukan sebagai awal mula kegiatan seksual, khususnya saat foreplay bersama pasangan.

Baca Juga: Waspada Begadang Menyebabkan Sperma Tidak Subur

Selain untuk menambah kemesraan dan memperkuat ikatan cinta, ternyata ciuman bibir juga memiliki beberapa manfaat lain bagi Anda dan pasangan.

Berikut ini klinik lelaki telah merangkum 10 manfaat dari ciuman bibir:

1. Meningkatkan Libido

Seperti telah disinggung sebelumnya, berciuman menjadi kegiatan foreplay yang ampuh sebelum berhubungan seks. Hal ini juga telah dibuktikan oleh berbagai penelitian, salah satunya oleh University of Albany di New York, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut menyebut bahwa berciuman dapat meningkatkan hormon testosteron yang kemudian dapat meningkatkan libido. Hal ini adalah bagian dari manfaat ciuman bibir dengan pasangan.

2. Meningkatkan Hormon Bahagia

Menurut penelitian, berciuman dapat membuat Anda menjadi bahagia. Ini karena aktivitas tersebut dapat merangsang otak untuk mengeluarkan hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin.

Ketiga hormon tersebut akan membuat Anda merasakan euforia, kasih sayang, dan menjadi lebih erat satu sama lain. Selain itu, berciuman juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Menurut penelitian di Journal of Behavioral Medicine tahun 2016, subjek penelitian yang merasa tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya memiliki kadar hormon kortisol atau hormon stres lebih tinggi.

Di sisi lain, berciuman dapat membantu menekan produksi hormon kortisol. Oleh karena itu, peneliti berhipotesis bahwa aktivitas positif yang satu ini dapat menjadi cara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

4. Mengurangi Rasa Cemas

Salah satu aktivitas yang dapat menjauhkan Anda dari rasa cemas adalah berciuman. Ini hormon oksitosin yang keluar saat Anda melakukannya dapat mencetuskan reaksi tenang dan relaks.

5. Mengurangi Gejala Nyeri Kepala

Saat berciuman, jantung akan memompa darah dengan lebih cepat. Pembuluh darah pun menjadi melebar, sehingga dapat mengurangi gejala nyeri kepala.

Selain itu, berciuman juga dapat mengurangi tingkat stres yang merupakan salah satu pemicu nyeri kepala.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut riset yang dipublikasikan di jurnal Microbiome pada tahun 2014, seseorang yang rutin berciuman selama lebih dari 10 detik dapat ‘bertukar’ bakteri baik dengan pasangannya. Hal ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dan pasangan mesti benar-benar dalam kondisi sehat alias tidak sedang menderita penyakit tertentu.

7. Mengurangi Risiko Reaksi Alergi

Sebuah penelitian di Jepang tahun 2006 meneliti 24 pasien dengan dermatitis atopik (pada kulit) dan rhinitis alergi (pada hidung). Pada penelitian ini subjek diminta berciuman selama 30 menit dengan pasangannya sambil mendengarkan lagu yang menenangkan.

Setelah hasilnya keluar, peneliti menyatakan bahwa berciuman membuat kadar kadar IgE —antibodi terhadap alergen tertentu— pada pasien mengalami penurunan. Ini artinya, pasien tersebut memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami reaksi alergi di waktu mendatang.

8. Membakar Kalori

Anda ingin membakar kalori dengan cara yang menyenangkan? Cobalah berciuman. Ini karena dengan melakukannya selama 1 menit, Anda dapat membakar sekitar 2-3 kalori.

9. Mengencangkan Otot Wajah

Berciuman akan melibatkan beberapa bagian otot wajah. Oleh karena itu, berciuman secara rutin dapat menjadi ‘olahraga’ bagi otot-otot tersebut. Alhasil, produksi kolagen akan lebih optimal sehingga otot wajah Anda akan tampak lebih kencang.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

Berciuman dapat meningkatkan produksi saliva, sehingga gigi dapat ‘membersihkan diri’ dari bakteri penyebab penyakit di dalam mulut.

Saliva atau air liur yang diproduksi saat berciuman juga akan membantu remineralisasi dan melindungi gigi dari paparan asam berlebih.