Manfaat Ejakulasi Teratur Bagi Kesehatan Pria

manfaat ejakulasi

Ejakulasi pada pria bukan hanya dapat memuaskan nafsunya semata. ternyata ejakulasi yang teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan pria. Simak artikel ini!

Ejakulasi ketika bercinta ini muncul ketika pria mengalami rangsangan dan sudah mencapai puncak rangsangan sehingga mengeluarkan ejakulasi. Ketika ejakulasi terjadi pria mengeluarkan ribuan sel sperma yang berfungsi untuk membuahi sel telur.

Namun, tahukah Anda bahwa ejakulasi bukan hanya perkara kenikmatan dalam aktivitas seksual, namun juga bermanfaat untuk kesehatan pria. Bahkan, para peneliti menyatakan bahwa kesehatan prostat ada di dalam genggaman Anda. 

Manfaat Ejakulasi Teratur Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian oleh Boston University of Public Health, bahwa ejakulasi dengan frekuensi teratur, resiko kanker prostat dapat dikurangi. 

Penelitian tersebut menguji 32.000 pria dari tahun 1992 hingga 2010 untuk mencari tahu bagaimana hubungan frekuensi ejakulasi pada pria dapat mempengaruhi timbulnya resiko kanker prostat selama 18 tahun. 

Dalam penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa pria yang berusia antara 20 hingga 29 tahun dengan frekuensi ejakulasi 21 kali atau lebih sebulan, memiliki resiko terkena kanker prostat lebih kecil 19 persen dibanding pria yang lebih jarang ejakulasi, seperti 4 sampai 7 kali dalam sebulan.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk pria muda, namun juga untuk pria berusia 40 sampai 49 tahun dengan ejakulasi minimal 21 kali sebulan memiliki resiko terkena kanker prostat lebih kecil 22 persen.

“Meski diperlukan lebih banyak penelitian untuk mencari tahu penyebab hubungan tersebut, namun diduga seringnya kita membersihkan prostat (melalui ejakulasi) bisa memotong kemungkinan munculnya kanker di sana,” Tutur Jennifer R. Rider, Sc.D., M.P.H, salah seorang peneliti.

Sebuah penelitian lain yang diadakan sebelumnya di Australia menguji 2.338 pria menemukan bahwa pria yang mengalami ejakulasi sebanyak 4,6 hingga 7 kali seminggu memiliki resiko lebih kecil 36 persen terkena kanker prostat dibanding pria yang hanya ejakulasi dengan rata-rata 2,3 kali seminggu. 

Baca juga:

Semakin Sering Ejakulasi Semakin Baik Untuk Kesehatan Prostat

Lalu bagaimana dengan pria yang mengalami ejakulasi lebih dari 21 kali selama sebulan? Menurut Jennifer, Hal tersebut bukanlah masalah karena semakin sering Anda berejakulasi, akan memberi pengaruh baik pada kesehatan prostat. 

Di samping itu, apakah Anda mengalami ejakulasi saat sedang bercinta, karena mengalami mimpi basah,  atau saat bermasturbasi, manfaat yang Anda dapatkan untuk kesehatan prostat tidaklah berbeda.

“Frekuensi ejakulasi ini, pada beberapa bagian bisa menjadi ukuran kesehatan pria. Mereka yang mengalami sedikit ejakulasi, misalnya hanya 3 kali sebulan, juga lebih cenderung memiliki masalah kesehatan lain di samping kanker prostat,” dituturkan Jennifer.

Jika Anda ingin memiliki prostat yang sehat maka disarankan untuk lebih sering ejakulasi, Anda bisa lebih sering bercinta dengan pasangan Anda sehingga tidak hanya sehat, namun juga keharmonisan keluarga yang Anda bisa dapatkan.

Namun, tentunya hubungan bercinta Anda dengan pasangan akan terganggu jika mengalami masalah impotensi dan ejakulasi dini. Oleh karena itulah ketika mengalami masalah ini segera lakukan konsultasi ke Klinik Lelaki agar masalah seksualitas pria Anda teratasi. 

Referensi:
Healthline.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan