Cara Mengatasi Vagina Sakit Setelah Bercinta, Wanita Perlu Tahu

Vagina sakit setelah bercinta sering di alami wanita. Alhasil kegiatan sehari-hari sering terganggu karena masalah ini. Bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini!

Setelah mencapai orgasme yang mengesankan, wanita sering kali mengalami vagina sakit setelah bercinta. Kegiatan bercinta yang seharusnya menyenangkan bisa berubah menjadi kekhawatiran apabila muncul rasa nyeri baik saat bercinta maupun setelahnya.

Pada umunya masalah ini diakibatkan karena kurangnya cairan lubrikan yang dikeluarkan vagina saat bercinta. Biasanya masalah ini akan reda dengan sendirinya. Namun, jika sakit yang ditimbulkan tidak kunjung hilang jangan di anggap sepele mungkin itu karena infeksi serius.

Penyebab Vagina Sakit Setelah Bercinta

Dapat mengidentifikasi apa penyebab nyeri setelah bercinta dapat membantu Anda mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya. Terlebih, vagina adalah kanal penuh otot dari vulva hingga serviks. Jadi, perlu spesifik apakah rasa nyeri terasa di labiaklitoris, vulvaatau lainnya. Berikut di bawah ini beberapa penyebab vagina sakit setelah bercinta:

1. Kurang lubrikasi.
  2. Seks terlalu lama.
  3. Alergi.
  4. Infeksi menular seksual.
  5. Infeksi jamur.
  6. Infeksi saluran kemih.
  7. Kista Bartholin.

Baca juga:

Cara Mengatasi Vagina Sakit Setelah Bercinta

Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas tentu dapat membantu Anda menyelesaikan masalah yang sering di alami wanita ini. Ada beberapa cara mengatasi miss V sakit setelah berhubungan, yaitu:

1. Latihan otot dasar panggul

Latihan memperkuat otot dasar panggul seperti senam kegel bisa membuat otot lebih rileks. Tak hanya menjadi cara mengatasi miss V sakit setelah berhubungan, latihan ini dapat membuat bercinta terasa lebih nyaman.

2. Konsumsi antibiotik

Apabila rasa nyeri terjadi karena infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik. Umumnya ini merupakan penanganan untuk kondisi seperti infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual lainnya. Dokter akan memberikan resep berdasarkan diagnosis.

3. Kompres

Rasa sakit akibat gesekan atau tekanan biasanya akan hilang dalam waktu beberapa jam. Untuk mengurangi rasa nyeri, bisa dilakukan kompres es batu selama 5-10 menit. Pastikan menggunakan kain pelapis antara es batu dengan vulva untuk menghindari iritasi.

4. Lubrikan

Penggunaan pelumas atau lubrikan bisa jadi alternatif untuk mengurangi gesekan saat berhubungan seksual. Pilih lubrikan dengan bahan dasar air agar tidak menimbulkan iritasi pada vulva dan vagina. Jika dirasa perlu, menambahkan lubrikan di tengah permainan pun bukan masalah.

5. Operasi

Bagi penderita kista Bartholin atau fibroid rahim, dokter bisa merekomendasikan operasi untuk mengangkatnya. Pada kasus benjolan akibat tersumbatnya kelenjar Bartholin, dokter juga bisa mencoba mengeluarkan cairan yang tersumbat sebelum mengoperasi kelenjar.

5. Perawatan hormonal

Perubahan hormonal seperti kondisi menopause bisa menjadi lebih lancar dengan bantuan terapi hormonal. Ini dapat membantu tubuh memproduksi lubrikan alami serta mengurangi penetrasi seksual yang terasa sakit.

Pada umumnya penetrasi seksual bukan hal yang menyakitkan. Apabila vagina sakit setelah bercinta identifikasi apa yang salah dan diskusikan dengan pasangan untuk menghindari hal yang sama berulang.