Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Penyakit Sifilis

sifilis

Banyak orang awam yang belum mengetahui masalah kelamin yang sering terjadi dan penyebarannya sangat cepat yaitu sifilis, sehingga dalam penanganannya salah, oleh karena itu simak artikel ini!

Raja singa atau sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Gejala sifilis diawali dengan munculnya luka yang tidak terasa sakit di area kelamin, mulut, atau dubur.

Luka pada area kelamin yang menjadi gejala masalah ini sering kali tidak terlihat dan tidak terasa sakit, sehingga tidak disadari oleh penderitanya. Meski demikian, pada tahap ini, infeksi sudah bisa ditularkan ke orang lain.

Tanpa penganan yang cepat dan tepat, penyakit ini dapat merusak beberapa organ tubuh yang penting yaitu jantung dan otak. Pada wanita hamil kondisi ini dapat berbahaya bagi janin bahkan menyebabkan kematian.

Gejala sifilis

Ada lima tahapan untuk gejala penyakit penyakit ini, yaitu:

• Sifilis primer
    Ditandai dengan luka (chancre) di tempat bakteri masuk.
  • Sifilis sekunder
    Ditandai dengan munculnya ruam pada tubuh.
  • Sifilis laten
    Tidak menimbulkan gejala, tapi bakteri ada di dalam tubuh penderita.
  • Sifilis tersier
    Dapat menyebabkan kerusakan organ lainnya otak, saraf, atau jantung.

Penyebab

Sifilis disebabkan oleh infeksi bakteri, yang menyebar melalui hubungan seksual dengan penderita penyakit ini. Meski demikian, bakteri juga bisa menyebar melalui melalui kontak fisik dengan luka yang ada di penderita. Melihat penularannya, penyakit ini rentan tertular pada seseorang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual.

Pengobatan

Pengobatan penyakit ini akan lebih efektif jika dilakukan ketika tahap awal. Penyakit kelamin ini dapat diatasi dengan antibiotik penisilin. Selama masa pengobatan, penderita dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seks, sampai dokter memastikan infeksi sudah sembuh.

Pencegahan

• Menghindari alkohol dan obat-obat terlarang;
  • Memiliki satu pasangan tetap untuk melakukan hubungan seksual;
  • Berhenti untuk melakukan kontak seksual dalam jangka waktu lama;
  • Secara terbuka mendiskusikan riwayat penyakit kelamin yang dialami bersama pasangan.
  • Biasakan menggunakan kondom bila harus berhubungan seksual dengan orang yang tidak dikenal.