Penis Anda Berbau? Hati-hati Pertanda Masalah Kesehatan Ini

Penis Berbau

Penis yang sehat seharusnya tidak berbau, Jika penis Anda berbau tidak sedap mungkin saja Anda mengalami masalah kesehatan. Masalah kesehatan apa yang membuat penis Anda berbau? Simak artikel di bawah ini hingga selesai!

Kebanyakan orang mengira yang sering bermasalah bau pada alat kelamin adalah wanita, tapi sebenarnya pria juga bisa mengalaminya. Perlu Anda tahu bahwa ada banyak hal yang bisa menyebabkan penis berbau tak sedap.

Sebenarnya bukan hal yang aneh jika penis memiliki bau. Tapi jika aroma itu tidak sedap dan semakin kuat, tentu saja akan mengganggu, terutama ketika sedang berhubungan seksual dengan pasangan.

Penyebab Penis Berbau Tidak Sedap

Penis yang mengeluarkan batu tidak sedap tentunya dapat membuat sesi bercinta Anda dengan pasangan menjadi kurang menyenangkan. Selain itu tentunya kepercayaan diri Anda ketika bercinta akan hilang. Oleh karena itu ketahui penyebab penis berbau tidak sedap agar dapat segera di atasi.

1. Infeksi jamur Pada Penis

Infeksi jamur Candida bisa menyebabkan penis mengeluarkan bau tak sedap. Risiko pria terserang infeksi jamur pada penis meningkat apabila lalai menjaga kebersihan penis, terutama jika Anda tidak disunat.

Infeksi jamur juga bisa ditularkan melalui hubungan seksual dari pasangan wanita yang punya infeksi jamur juga. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut. Segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Smegma

Smegma adalah bercak putih yang terbuat dari campuran sel-sel kulit mati, minyak, keringat, dan kotoran yang menumpuk menjadi “daki” di sekitar lipatan kulit penis. Smegma sering terjadi pada penis yang tidak disunat karena kulit kulup paling rentan berkeringat.

Jika Anda jarang membersihkan penis, “daki” tersebut akan menjadi tempat tinggal bagi kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penis bau. Smegma yang mengeras dapat menyebabkan iritasi dan peradangan infeksi pada penis.

Rutin bersihkan penis dari smegma dengan langkah-langkah berikut:

• Tarik kulit kulup kepala penis ke belakang.
  • Cuci penis dengan air mengalir dan sabun netral (tanpa alkohol dan pewangi).
  • Usap dan gosok kulit penis dengan lembut.
  • Bilas bersih dan tepuk-tepuk dengan handuk halus hingga penis dan kulup benar-benar kering.
  • Kendurkan kembali kulup penis.

3. Infeksi Saluran Kencing

Meski lebih sering menyerang wanita, bukan berarti pria tidak bisa mengalami infeksi saluran kencing. Gejala ISK pada pria yang paling umum adalah rasa sakit dan perih panas saat berkemih, tapi juga bisa menyebabkan penis bau menyengat.

Jika tidak diobati, infeksi saluran kencing pria bisa menyebabkan peradangan pada prostat, Epididimis, dan testis yang meningkatkan masalah kesuburan. ISK dapat diobati dengan antibiotik resep dokter,

Dokter juga mungkin menyarankan Anda untuk memperbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi.

4. Balanitis

Balanitis adalah peradangan yang menyerang kepala penis laki-laki yang belum disunat. Penyakit ini menimbulkan gejala seperti penis sakit, memerah, bengkak, mengeluarkan bau tidak sedap, serta terasa nyeri saat buang air kecil.

Penyebab balanitis:

• Berhubungan seks tanpa kondom.
  • Jarang membersihkan penis.
  • Ada smegma di penis.
  • Pakai sabun dengan pewangi kimia
  • Ada infeksi kulit di penis.

Konsultasikan setiap keluhan Anda pada dokter agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang cepat dan tepat. Mengobati lebih awal tentunya dapat mencegah masalah kesehatan pada penis Anda.

Referensi:
Halodoc.com