Penis Keluar Nanah? Waspada Gejala Penyakit ini!

penis keluar nanah

Penis keluar nanah merupakan gejala dari sesuatu penyakit, seperti penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi saluran kemih. Kondisi ini biasanya disertai keluhan lain, yakni nyeri pada penis atau rasa perih ketika pipis. Keluarnya nanah dari penis adalah kondisi yang perlu segera diobati oleh dokter.

Penyakit yang menyebabkan penis Bernanah

1. Gonore

Penyebab penis keluar nanah yang paling sering adalah gonore. Penyakit ini bisa muncul karena adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini masuk melalui aktivitas seks yang tidak sehat baik secara vaginal, anal, atau oral.

Selain mengeluarkan cairan warna kuning dari penis, ada hal lain yang terjadi pada pria. Tenggorokan terasa sakit saat digunakan untuk menelan atau sekadar berbicara saja. Selanjutnya area anus juga sakit dan bisa mengeluarkan darah saat sedang buang air besar (BAB).

2. Nongonococcal urethritis (NGU)

Nongonococcal urethritis merupakan penyakit infeksi yang terjadi pada saluran kemih. NGU sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri, misalnya karena penyakit menular seksual.

Pada pria, uretritis bisa menyebabkan penis mengeluarkan nanah yang disertai gejala lain yang mirip gonore. Karena gejalanya mirip, maka kondisi ini juga perlu diperiksakan ke dokter. Untuk menentukan apakah keluarnya nanah dari penis disebabkan oleh gonore atau NGU, dokter dapat melakukan pemeriksaan urine dan nanah yang keluar dari penis.

Jika terbukti terkena NGU, maka dokter dapat memberikan pengobatan dengan antibiotik. Beberapa pilihan antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati NGU adalah doxycyclineazithromycinmetronidazole, dan moxifloxacin.

3. Klamidia

Klamidia adalah penyakit yang menyerang saluran kencing atau uretra. Begitu terkena infeksi ini pria tidak akan langsung merasakan gejalanya. Tiga minggu setelah infeksi biasanya akan ada tanda seperti rasa gatal di lubang penis hingga keluarnya cairan warna kuning yang bukan air mani atau sperma.

Penyebab penis keluar nanah adalah bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini menyebabkan sekitar 60% infeksi saluran kemih pada pria. Jika infeksi ini tidak segera diobati bisa berdampak pada kemampuan seks pria dan juga kesuburannya.

4. Balanitis

Balanitis adalah infeksi atau radang pada kepala dan kulup penis. Penyebabnya bisa infeksi bakteri atau jamur hingga alergi atau iritasi kulit di sekitar kepala penis. Penyakit ini bisa terjadi akibat kebersihan penis yang tidak terjaga. Balanitis juga lebih berisiko terjadi pada pria yang tidak disunat.

Selain penis keluar nanah, gejala balantis lainnya adalah kulit penis kering yang disertai gatal, nyeri, dan bengkak di kulit sekitar pangkal penis. Untuk mengobati balanitis, biasanya dokter akan memberi resep obat salep berupa krim antigatal, antijamur, dan antibiotik.

Pencegahan Penis Keluar Nanah

Untuk terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan penis keluar nanah, Anda perlu menerapkan beberapa langkah pencegahan berikut:

• Tidak bergonta-ganti pasangan seksual.
  • Menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Penis keluar nanah tidak boleh diremehkan. Jika Anda mengalami keluhan ini, segeralah periksakan diri ke Dokter untuk mendapatkan penanganan.