Parafimosis Penjelasan Medis Terkait Disunat Jin

Pernahkah Anda mendengar anak-anak yang tiba penisnya sudah tersunat? Mitosnya masalah ini sering dianggap disunat jin. Namun ternyata mitos ini dapat dijelaskan secara medis. Simak artikel ini!

Sudah menjadi kebiasaan di Indonesia, banyak orang yang termakan mitos dan mempercayainya salah satu mitos yang sering beredar yaitu disunat jin. Memang bagi orang awam penis yang tiba-tiba tersunat dapat membingungkan, sehingga tak jarang banyak orang yang menyangkut pautkan dengan hal mistis.

Padahal masalah ini dapat dijelaskan secara medis. Dalam dunia medis ini disebut dengan kelainan paraphimosis atau Parafimosis. Kelainan pada penis ini menyebabkan kulup penis yang ditarik ke belakang tidak bisa kembali ke posisi semula. Parafimosis terjadi pada penis yang belum disunat. Kelainan ini dapat terjadi di segala usia, namun lebih sering terjadi pada anak-anak dan lansia.

klinik lelaki

Mengapa disebut disunat jin?

Parafimosis dijuluki disunat jin karena terkesan khitan dilakukan secara gaib. Contohnya ketika seorang anak atau remaja tiba-tiba mendapati kulup penisnya tak lagi bisa ditarik ke posisi semula, seakan-akan sudah disunat sebelumnya. Ada beberapa penyebab dari parafimosis, seperti:

  • Mengalami infeksi
    • Trauma fisik di area kelamin
    • Menarik kulup penis terlalu kencang
    • Kulup penis terlalu rapat dari normal
    • Sunat atau sirkumsisi yang kurang tepat
    • Gigitan serangga
    • Aktivitas seksual terlalu keras
    • Kulup penis tertarik dalam periode waktu lama

Gejala parafimosis

Gejala utama dari parafimosis adalah ketika kulup penis tidak bisa kembali ke posisi normalnya. Akibatnya, ujung penis menjadi membengkak dan terasa sakit. Sirkulasi darah pun terganggu sehingga warna penis menjadi kemerahan atau kebiruan.

Orang yang mengalami parafimosis juga biasanya kesulitan buang air kecil. Rasa tidak nyaman dan nyeri juga turut menyertai, utamanya jika penis membengkak.

Baca juga:

Pengobatan Parafimosis

Usia dan tingkat keparahan parafimosis akan menentukan langkah penanganan parafimosis. Parafimosis yang terdeteksi dini dapat ditangani melalui prosedur sederhana, seperti:

  • Mengompres bagian yang bengkak dengan es
  • Mengeluarkan kumpulan darah
  • Menyuntikan obat hyaluronidase yang dapat mengurangi pembengkakan

Dengan penanganan tersebut, bengkak pada penis dapat dikurangi sehingga posisi kulup dapat dikembalikan. Selama penanganan pembengkakan, dokter dapat meresepkan obat pereda nyeri untuk mengurangi sakit akibat parafimosis. Pereda nyeri yang diresepkan dapat berupa salep atau tablet.

Jadi dapat disimpulkan penis yang tiba-tiba tersunat bukan karena disunat jin. Namun ada faktor medis yang dapat menyebabkan masalah ini.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan