Pentingnya Mengajarkan Pendidikan Seks Sejak Dini

pendidikan seks

Beberapa pekan ke belakang heboh pelecehan seksual ke 12 anak pesantren di kota Bandung. Nah, selaku orang tua penting untuk mengajarkan pendidikan seks sejak dini untuk menghindari pelecehan seksual seperti ini. Simak artikel di bawah hingga selesai!

Pendidikan seksual merupakan informasi yang penting bagi Anak. Lewat diskusi antara Anda dan juga anak seputar hal-hal tentang seksualitas akan membantu sang anak lebih paham untuk senantiasa menjaga organ seksual.

Banyak kasus yang membuat organ vital anak terganggu kesehatannya akibat tidak diberikan edukasi terkait organ vitalnya. Contohnya anak memainkan sendiri organ vitalnya sehingga membuat luka atau bahkan dikarenakan pelecehan seksual.

Kapan Waktu yang Tepat Mengajarkan Pendidikan Seks ke Anak?

Pendidikan seksual untuk anak sebaiknya diberikan sedini mungkin. Saat berusia 3 atau 4 tahun, anak mulai memperhatikan dunia di sekitarnya dan ia akan mulai belajar untuk mengenali tubuhnya sendiri dan membandingkan diri dengan teman-temannya.

Anak mungkin akan mulai menyadari bahwa perempuan dan laki-laki itu berbeda. Saat anak mulai mengeksplorasi lingkungannya, ini merupakan kesempatan bagi orang tua untuk memberikan pemahaman dasar mengenai seksualitas.

Selaku orang tua maka penting untuk memberikan informasi terkait seksual agar terhindari dari berbagai masalah yang melibatkan seksualitas. Nah, terdapat beragam manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda mengajarkan pendidikan seks.

Manfaat Mengajarkan Pendidikan Seks Kepada Anak

Sebagai langkah awal untuk menjaga anak terhindar dari beragam masalah terkait organ vital, maka mengajarkan pendidikan seksual ini sangatlah penting. Berikut beragam manfaat memberikan pendidikan seks untuk anak sejak dini.

1. Mencegah Efek Buruk dari Media dan Juga Lingkungan

Pembahasan seputar seks dapat melindungi anak dari dampak negatif berbagai konten tertentu di tayangan televisi atau internet. Selain itu, pemahaman tentang dunia pergaulan juga harus Anda berikan agar anak tidak terjerumus dalam hubungan seks bebas

2. Membuat Anda Lebih Akrab dengan Anak

Berbincang dengan anak terkait edukasi seksualitas dapat menjadi salah satu cara untuk membuat Anda dengan anak menjadi lebih akrab. Selain itu anak juga tidak akan penasaran mencari-cari terkait seks di internet.

3. Membuat Anak Menjadi Lebih Mengerti untuk Menghargai Diri

Diskusi tentang seks membuat anak menyadari bahwa ia harus melindungi dan menghargai tubuhnya sendiri. Seluruh perlakuan terhadap tubuhnya harus mendapatnya persetujuan dari dirinya sendiri dan tidak boleh dipaksakan.

Nah, itu tadi beberapa hal terkait pendidikan seks mulai dari kapan waktu yang tepat untuk membicarakan edukasi seksualitas dengan anak hingga beragam manfaat dari mengajarkan edukasi seks kepada anak.

Cobalah untuk memberikan edukasinya secara perlahan saja dengan kata halus seperti menyebut alat kelamin wanita dengan vagina dan pria penis.

Referensi:
Alodokter.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan