Hati-hati Penyakit Ini Dapat Membuat Penis Kecil Bahkan Impotensi

penyakit penis kecil
©Unsplash

Memiliki penis yang kecil bahkan mengalami Impotensi merupakan mimpi buruk bagi pria, karena kepuasan di ranjang akan berkurang. Namun, tahukan Anda ternyata terdapat penyakit yang bisa membuat penis kecil seketika, bahkan jika terlambat ditangan masalah ini dapat merambat menjadi impotensi. Lalu apakah penyakit tersebut? Simak artikel ini!

Penyakit Peyronie bisa dialami oleh pria dari Segala usia. Penyakit ini dapat menyebabkan penis menjadi terlihat melengkung, sehingga otomatis penyakit Ini akan membuat penis Anda menjadi terlihat kecil. Kenapa bisa terjadi penyakit yang membuat malu ini? Lihat penjelasannya di sini!

Apa Itu Peyrone, Penyakit yang Membuat Penis Kecil?

Penyakit Peyronie merupakan salah satu masalah yang terjadi pada Penis disebabkan oleh terbentuknya jaringan parut atau plak pada Penis dan testis. Jaringan parut akan menumpuk di dalam membran putih yang sering berada di bagian atas dan dasar Penis. Nah, karena jaringan parut atau plak yang semakin menebal, Penis akan membengkok ke atas atau ke samping. Kamu pasti sudah membayangkan kalau ini terjadi pada Penis, otomatis Penis akan kecil karena adanya plak tersebut.

Peyronie Membuat Hubungan Intim Jadi Tidak Berkualitas

Kelainan bentuk Penis dapat menyebabkan rasa sakit atau bahkan ketidakmampuan berhubungan intim. Namun, kebanyakan pria dengan penyakit Peyronie masih bisa berhubungan intim, tapi terasa sulit dan menyakitkan. Pembengkakan dan peradangan Penis yang terjadi akibat kondisi ini dapat meningkatkan risiko luka parah secara permanen pada pengidapnya.

Perubahan bentuk pada Penis akibat penyakit Peyronie akan terlihat jelas ketika ereksi. Kondisi ini dapat menghambat ereksi, karena jaringan parut atau plak menghalangi penetrasi saat melakukan hubungan intim. Meskipun terlihat parah, kondisi ini bukan merupakan penyakit menular, dan penyakit ini tidak dapat menyebar melalui hubungan intim.

Gejala Peyronie Penyakit Penis Kecil

Gejala penyakit Peyronie dapat muncul secara tiba-tiba dan berkembang secara bertahap. Gejala tersebut, antara lain:

1. Perubahan bentuk Penis seperti bengkok, menekuk, atau memendek. Kebanyakan pria yang mengidap Peyronie memiliki kelainan pada bentuk Penis. Cacat ini disebabkan oleh plak yang tidak berkembang seperti jaringan Penis yang normal.
  2. Plak ini disebabkan oleh penumpukan kolagen yang berlebih dan munculnya jaringan parut di dalam Penis yang menebal atau berkembang di bawah kulit batang Penis. Plak juga dapat muncul di sepanjang batang Penis, tetapi sering kali muncul di sisi atas. Plak awalnya bertekstur sangat lembut, tetapi akan mengeras seiring berjalannya waktu.
  3. Penyakit Peyronie dapat menyebabkan disfungsi ereksi, alias impotensi. Diperkirakan bahwa lebih dari dua per tiga pria dengan penyakit ini mengalami disfungsi ereksi.

Belum Diketahui Penyebab Pasti Peyronie

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terbentuknya jaringan parut atau plak di dalam batang Penis. Kondisi ini diduga berawal dari perdarahan akibat cedera atau trauma. Meskipun ada pengobatan untuk penyakit ini, sebenarnya Peyronie dapat sembuh dan menghilang dengan sendirinya.

Peyronie Bisa Dicegah, Begini Caranya

Jika ingin terhindar dari penyakit Peyronie, kamu wajib mempertahankan gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga yang tepat, serta membatasi minuman beralkohol, rokok, dan obat perangsang. Kamu juga wajib menjaga hubungan intim yang sehat bersama satu pasangan, dan menjaga kesehatan untuk pencegahan terjadinya kondisi ini.