Penyebab Gairah Seksual Pria Menurun Beserta Tandanya

gairah seksual pria

Gairah ketika bercinta merupakan yang hal penting untuk menunjang hubungan intim, akan tetapi sering kali gairah seksual pria menurun secara tiba-tiba. Lalu apa penyebab gairah menurun? Simak jawabannya pada artikel ini!

Penurunan gairah pada pria sebenarnya hal yang lumrah dan sering terjadi seiring bertambahnya usia. Pria dengan umur yang lebih dari 60 tahun bisanya akan sulit untuk mempertahankan gairahnya. Namun, usia bukan menjadi satu-satunya faktor penyebab gairah yang menurun.

Faktor dari lingkungan serta gaya hidup yang buruk juga bisa menjadi faktor gairah Anda menurun. Penurunan gairah ini sangat berbahaya jika terus menerus terjadi. Keutuhan rumah tangga Anda dengan istri akan terganggu ketika mengalami masalah ini.

klinik lelaki

Tanda Pria Mengalami Penurunan Gairah

Penurunan gairah seksual pria ini dapat dikenali karena akan menimbulkan tanda-tanda. Akan tetapi sering kali pria tidak menyadari hingga masalah ini menjadi semakin parah. Oleh karena itu berikut beragam tanda-tanda penurunan gairah seksual:

  • Berhubungan seks hanya satu atau dua kali dalam kurun waktu satu bulan.
  • Tidak pernah lagi menyentuh pasangan (mencium atau membelai) di luar kamar tidur.
  • Seks tak lagi menarik seperti dahulu.
  • Berhubungan seks hanya sebagai bentuk tanggung jawab seorang suami.
  • Tidak menganggap seks sebagai bentuk kasih sayang, namun formalitas saja.
  • Kadang melakukan seks dilandasi oleh keterpaksaan.
  • Anda tidak lagi memiliki fantasi seksual terhadap pasangan.

Penyebab Gairah Seksual Pria Menurun

Penurunan gairah seksual ini sering kali tidak disadari oleh para pria sehingga tiba-tiba gairahnya malah menurun secara tiba-tiba. Agar bisa meminimalisir penurunan gairah, berikut beragam penyebabnya:

1. Lemak Bertambah

Menurut riset dari Clinical Endocrinology pada tahun 2014 menemukan, orang dengan obesitas sentral atau lingkar pinggang lebih dari 102 cm, memiliki tingkat testosteron yang rendah, dari pada pria yang berat tubuhnya ideal.

2. Kurang Cahaya

Peneliti Fagilioni dari Italia menemukan bahwa  pria dengan intensitas cahaya tinggi serupa cahaya matahari melaporkan perubuhan signifikan pada tingkat hasrat seksual dan juga tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi, sebaliknya pria dengan intensitas cahaya matahari rendah mengalami penurunan gairah.

3. Hormon Testosteron Rendah

Testosteron merupakan hormon yang berperan penting dalam perkembangan organ seks dan libido pria. Jika kadar hormon testosteron rendah, kondisi tersebut dapat memengaruhi hasrat seksual atau libido pria.

4. Gangguan psikologis

Proses terjadinya ereksi dan pengaturan hasrat seksual pada pria melibatkan banyak faktor, mulai dari kinerja sistem saraf dan otak, hormon seks, hingga kondisi psikologis atau kesehatan mental dapat memengaruhi penurunan gairah seksual pria.

Itu tadi beberapa tanda dan penyebab dari gairah yang menurun. Dengan mengetahui kedua tanda serta penyebabnya tentu Anda akan lebih bisa mencegah masalah ini lebih awal agar keharmonisan di atas ranjang tetap terjaga.

Referensi:
SehatQ.com

Ilustrasi gambar by Freepik

Tinggalkan Balasan