Penyebab kulit kering pada penis dan cara mengobatinya

kulit kering

Kulit pada penis seseorang sangat sensitif, dan kulit kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Seseorang dapat mengembangkan kulit kering pada kulit penis mereka karena berbagai alasan, termasuk seks atau masturbasi yang tidak dilumasi, pakaian lecet, dan penggunaan sabun yang keras.

Kulit kering pada penis dengan sendirinya biasanya bukan merupakan tanda penyakit menular seksual. Sebagian besar kasus kulit kering pada penis merespon dengan baik terhadap perawatan. Obat rumahan, seperti menggunakan pelembab alami atau menghindari sabun yang keras, seringkali menyelesaikan masalah.

Artikel ini membahas apa yang menyebabkan kulit kering pada penis. Itu juga membahas perawatan untuk setiap penyebab dan pengobatan rumahan yang mungkin  dapat membantu.

Kulit kering dapat di sebabkan seks atau masturbasi yang tidak dilumasi

Berhubungan seks atau masturbasi dalam waktu lama tanpa pelumasan dapat menyebabkan gesekan.

Terlalu banyak gesekan dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Menggunakan pelumas dapat meningkatkan kenyamanan saat seseorang melakukan hubungan seks atau masturbasi. Berbagai pelumas tersedia di toko online manapun.

Hindari pelumas dengan bahan-bahan seperti gliserin atau paraben karena dapat memperburuk kekeringan pada kulit penis.

Memilih pelumas berbasis air akan mengurangi kemungkinan iritasi kulit penis lebih lanjut.

Ternyata Alergi terhadap lateks juga dapat menyebabkan kulit kering

Jika seseorang alergi terhadap lateks, menggunakan kondom lateks dapat menyebabkan kulit kering pada penis.

Lateks adalah zat alami yang berasal dari getah pohon karet. Orang dengan alergi lateks bereaksi terhadap protein spesifik yang mengandung lateks.

Gejala-gejala reaksi alergi terhadap lateks meliputi:

  • gatal-gatal
  • hidung tersumbat atau berair
  • sesak dada
  • sulit bernafas

Orang dengan alergi lateks yang parah dapat mengalami syok anafilaksis saat bersentuhan dengan lateks. Jika seseorang mengalami syok anafilaksis, hubungi layanan darurat. Jika orang tersebut memiliki injektor otomatis epinefrin (adrenalin), berikan ini.

Untuk menghindari kulit kering pada penis dan gejala alergi, penderita alergi lateks harus menggunakan kondom non-lateks. Kondom non-lateks mengandung poliuretan atau membran alami yang berasal dari usus domba. Ada banyak kondom non-lateks tersedia untuk dibeli secara online.

Pakaian lecet

Jika pakaian atau pakaian dalam seseorang terlalu ketat, itu bisa merusak penis dan menyebabkan kulit kering. Mengenakan pakaian dalam yang longgar atau katun dan pakaian juga akan membantu untuk menghindari gesekan lebih lanjut.

Untuk mengurangi rasa sakit pada kulit yang lecet, gunakan pelembab alami, seperti minyak kelapa.

Sabun pribadi

Menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia yang keras dapat menyebabkan kulit kering pada penis. Cara terbaik untuk mencuci penis adalah dengan air hangat dan sedikit sabun lembut.

Jika seseorang ingin menggunakan sabun biasa di area ini, mereka mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan sabun yang lembut dan alami tanpa paraben.

Deterjen

Deterjen cucian tertentu yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan kulit kering. Ini dapat memengaruhi seseorang di mana saja di tubuh mereka, termasuk penis mereka. Memilih deterjen alami dan non-biologis dapat mengurangi iritasi dan kekeringan pada kulit.

Untuk meringankan kulit yang teriritasi, menggunakan pelembab alami, seperti minyak kelapa, dapat membantu.

Eksim

Apabila kering dan bersamaan dengan gatal atau benjolan di bawah kulit, itu mungkin merupakan tanda eksim. Iritasi, seperti yang dieksplorasi di atas, dapat menyebabkan eksim. Dokter menyebut dermatitis kontak iritan jenis eksim ini.

Dua jenis eksim lain yang dapat menyebabkan kulit kering pada penis adalah eksim atopik dan dermatitis seboroik.

Orang yang sudah memiliki diagnosis eksim dapat menggunakan krim kortikosteroid topikal berkekuatan rendah. Menerapkan ini dengan hati-hati pada kulit penis dapat meningkatkan gejala.

Sangat penting untuk menggunakan krim kortikosteroid sesuai dengan rekomendasi dokter karena dapat meningkatkan ketipisan kulit. Karena kulit pada penis halus dan sensitif, orang harus lebih berhati-hati ketika menggunakan perawatan topikal.

Untuk mengurangi kekeringan, seseorang mungkin ingin menggunakan pelembab alami, seperti minyak kelapa.

Psorias

Psoriasis adalah kemungkinan penyebab lain. Psoriasis adalah kondisi kulit inflamasi yang sering memengaruhi alat kelamin pria.

Psoriasis patch pada penis tidak bersisik seperti pada bagian lain dari tubuh. Mereka mungkin terlihat seperti plak putih tipis yang jelas tanpa sisik, atau mereka mungkin memiliki cincin merah di sekitarnya.

Jika seseorang melihat tanda-tanda psoriasis pada penis mereka, mereka harus mengunjungi dokter mereka. Dokter dapat mendiagnosis atau menyingkirkan psoriasis.

Orang-orang yang sudah memiliki diagnosis psoriasis dan memiliki plak pada penis mereka mungkin dapat mengobatinya menggunakan krim kortikosteroid yang sama yang mereka gunakan pada bagian lain dari tubuh mereka.

Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update Official