Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Libido Tiba-Tiba Naik

Libido atau gairah seks bisa saja tiba-tiba naik walaupun tidak ada rangsangan sama sekali, lalu apa penyebabnya? Simak jawabannya pada artikel di bawah ini!

Beberapa orang mungkin pernah bertanya-tanya apa yang membuat libido tiba-tiba naik padahal sedang tidak ada rangsangan sama sekali. Dilansir dari insider.com Asisten profesor klinis di Departemen Obstetri dan Ginekologi NYU Langone Olivia P. Myrick, MD, mengungkapkan beberapa alasannya. Apa saja?

klinik lelaki

Berikut ini 5 penyebab kenapa libido tiba-tiba naik

1. Dalam fase pubertas 

Pada fase pubertas ini produksi testosteron meningkat 10 kali lipat pada remaja laki-laki. Hal ini membuat gairah dan minat seks pada remaja laki-laki lebih tinggi ketika sedang mengalami pubertas. Namun, sebalikanya pada perempuan gairah seks lebih tinggi ketika mereka berusia lebih dewasa.

Suatu studi 2010 terhadap perempuan dewasa menemukan, mereka yang berusia antara 27-45 tahun lebih cenderung memikirkan aktivitas seksual dan sering berfantasi seksual, serta memiliki kehidupan seks yang lebih aktif, daripada mereka yang berusia 18-26 tahun.

2. Perubahan hormon

Kadar hormon seks seperti estrogen, progesteron, dan testosteron dapat berubah-ubah, bahkan dalam sehari, perubahan ini memengaruhi libido. Pada perempuan, kadar estrogen meningkat sebelum dan selama ovulasi. Hal ini membuat libido mereka meningkat. Sementara itu, apabila ada pria yang menggunakan steroid, maka kadar testosteron akan meningkat.

Baca juga:

3. Kebugaran

Salah satu alasan gairah seks menjadi lebih tinggi adalah peningkatan aktivitas fisik atau penurunan berat badan.

Studi kecil pada 2018 mengungkapkan hubungan positif antara kebugaran fisik dengan dorongan seks yang lebih tinggi. Para peneliti menemukan fakta, pada wanita gairah seks sangat dipengaruhi oleh daya tahan kardiovaskular.

4. Tidak terlalu stres

Gairah seks mungkin lebih tinggi dari biasanya karena tingkat stres berkurang. Saat tingkat stres lebih tinggi, maka lebih banyak hormon kortisol yang dilepaskan. Ini berdampak negatif pada gairah seks.

Dalam suatu penelitian kecil pada 2008, 30 perempuan diukur gairah seks serta kadar kortisolnya sebelum dan sesudah menonton film erotis. Dari hasil analisis ditemukan perempuan yang mengalami penurunan kortisol memiliki gairah seks lebih tinggi.

5. Memiliki kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan

Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan gairah seks apabila memiliki kehidupan seksual yang lebih menyenangkan dan sehat. Sebaliknya, pengalaman buruk atau tidak menyenangkan sering kali membuat seseorang enggan melakukan hubungan seks.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segera tanya dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan