Merasa Sedih Setelah Bercinta

Penyebab Wanita Merasa Sedih Setelah Bercinta

Merasa Sedih Setelah Bercinta

Ada beberapa penyebab wanita merasa sedih  setelah bercinta. Salah satunya karena postphital dysphoria (PCD) atau post-sex blues

postphital dysphoria (PCD) atau post-sex blus adalah  Kondisi ini menyebabkan seorang wanita memiliki dorongan untuk menangis atau merasa sedih yang tidak tertahankan setelah bercinta.

Seks seharusnya menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap pasangan. Namun sayangnya bagi beberapa pasangan, berhubungan intim justru dapat menjadi hal yang menyedihkan, menakutkan, bahkan membuat trauma.

Sebuah penelitian di tahun 2015 menemukan bahwa 46% dari 230 mahasiswi yang berpartisipasi mengungkapkan bahwa mereka mengalami postphital dysphoria  (PCD) setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Tidak hanya pada wanita, kondisi ini juga bisa dialami pada pria. Seorang pria berusia 20 tahun menggambarkan pengalaman PDC-nya sebagai perasaan  sakit dan tertekan. Dia seperti merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri. Perasaan ini kemudian diluapkan dengan kesedihan dan air mata.

klinik lelaki

Penyebab terjadinya pcd atau merasa sedih dan menangis setelah bercinta

1. Reaksi bioligis

Saat berhubungan intim, tubuh memproduksi beragam jenis hormon dalam jumlah yang cukup besar. Perubahan hormon ini mempengaruhi bagian otak yang mengatur reaksi emosional seperti sedih dan tangis.

Reaksi ini akan berbeda-beda bagi setiap orang. Seseorang yang mudah tersentuh mungkin akan memiliki risiko yang lebih besar menangis setelah bercinta.

2. Emosi yang meluap

Berhubungan intim dapat membentuk suatu ikatan, kepercayaan, dan keintiman bersama pasangan. Bagi seseorang yang peka, hal ini bisa membuat emosinya meluap-luap.

Entah karena rasa bahagia, rapuh, sedih, takut kehilangan, atau takut membuka diri pada orang lain.

3. Trauma

Beberapa orang merasa sedih dan bahkan menangis setelah berhubungan intim karena trauma tertentu. Misalnya karena pernah keguguran atau karena pernah mendapatkan kekerasan seksual.

Momen-momen menyakitkan ini bisa membuatnya trauma dan takut meskipun berhubungan intim dengan pasangannya sendiri.

4. Merasa bersalah

Peneliti melihat bahwa banyak orang khususnya wanita merasa bersalah telah melakukan hubungan intim. Sebab dalam masyarakat, berhubungan intim sering dipandang sebagai sesuatu yang tabu, kotor, dan tidak pantas.

Selain itu, wanita juga sering mendapat tuntutan untuk menekan hawa nafsu seksualitas alamiahnya. Oleh karena itu, ketika wanita menikmati hubungan intim yang ia lakukan kebanyakan dari mereka justru merasa malu dan bersalah.

Cara mengatasi

Bila Anda tiba-tiba merasa takut, sedih, dan bersalah setelah berhubungan intim. Anda boleh meminta pasangan untuk berhenti terlebih dahulu dan menenangkan diri. Ingatlah bahwa tidak ada salahnya untuk merasa takut, sedih, dan bersalah saat berhubungan intim. Tidak perlu pula merasa malu saat merasakan puncak kenikmatan.

Bila perasaan takut, sedih, dan bersalah ini tidak kunjung hilang. Cobalah untuk mengonsultasikan hal tersebut pada psikolog.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *