penis terasa kesemutan

Pria Harus Waspada Jika Penis Terasa Kesemutan

penis terasa kesemutan

Seperti pada bagian tubuh lain, penis juga bisa terasa kesemutan. Hal ini dikarenakan penis adalah bagian tubuh yang sensitif dan membutuhkan  aliran darah yang cukup.

Umumnya para atlet sepeda yang sering mengalami penis kesemutan. Namun hal ini bisa terjadi pada siapa saja jika aliran darah ke penis terganggu sehingga membuatnya kesemutan.

Gejala Penis Terasa Kesemutan

Ketika penis anda kesemutan, dimulai saat anda merasakan mati rasa atau kebas pada bagian penis dan skrotum (buah zakar). Lalu penis dan skrotum anda akan terasa seperti kesemutan dan dingin. Jika sudah terasa kesemutan, tersentuh atau bergerak dapat menyebabkan penis dan skrotum anda nyeri seperti tertusuk jarum.

Penyebab Penis Kesemutan

Penis kesemutan dapat diakibatkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Duduk Atau Bersepeda Terlalu Lama

Jika anda sering duduk atau bersepeda terlalu lama, maka ada resiko untuk mengalami penis kesemutan. Hal ini disebabkan perineum, area sensitif di antara penis dan anus mendapatkan tekanan. 

Perineum ini memiliki banyak saraf dan pembuluh darah yang menuju penis, jika tertekan maka bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar, aliran darah terhambat, pembengkakan, hingga kerusakan saraf. Hal-hal inilah yang membuat penis anda terasa kesemutan.

Pria yang bersepeda sangat umum mengalami hal ini. Menurut sebuah penelitian di Jerman, sejumlah 70% pengendara sepeda mengalami gangguan tersebut. Bahkan penelitian lain di Amerika Serikat yang dimuat dalam Journal of Urology mengungkapkan bahwa bersepeda sejauh 300 kilometer atau lebih tanpa jeda berisiko menyebabkan impotensi.

2. Kekurangan hormon testosteron

Selain faktor aktifitas fisik yang menekan daerah perineum, pria dengan kekurangan hormon testosteron beresiko mengalami kesemutan pada penis. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi dari hormon testosteron adalah menjaga kesehatan daerah peis pada pria. 

Jika hormon testosteron berkurang dari semestinya hal ini bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke perineum. Sehingga penis dan skrotum akan mengalami kesemutan

3. Penyakit atau gangguan saraf

Yang lebih parahnya lagi, jika anda memang sering mengalami penis kesemutan. Bisa jadi anda mengalami gangguan pada saraf tertentu. penyakit-penyakit yang dapat mempengaruhi saraf seperti diabetes, multiple sclerosis, dan penyakit Peyronie diketahui dapat menyebabkan kesemutan pada penis anda. Selain itu penyakit-penyakit ini juga telah diketahui dapat menyebabkan impotensi pada pria.

Mencegah dan mengatasi penis kesemutan

Jika anda sering merasa kesemutan saat bekerja di kantor. Cobalah untuk lebih sering berdiri untuk melancarkan peredaran darah di daerah perineum. Sementara jika anda aktif bersepeda, gantilah sadel sepeda anda menjadi lebih lebar untuk mengurangi tekanan pada perineum anda.

Namun jika penis anda sering terasa kesemutan meskipun tidak bersepeda atau duduk dalam waktu yang lama. Ada kemungkinan ada penyakit atau gangguan saraf yang terjadi pada anda. Untuk mengatasinya anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter ahli agar mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk masalah penis terasa kesemutan yang anda alami.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *