Pria Juga Bisa PMS, Ini Gejalanya

pms pria

Sama dengan wanita pria juga bisa mengalami PMS, tetapi pada pria disebut IMS ini gejalanya!

Wanita ketika hendak mengalami perubahan PMS sering kali mengalami perubahan mood. Karena itu, wanita lebih sering dicap memiliki mood yang tidak stabil. Padahal, sebenarnya bukan cuma wanita yang dapat mengalami gejala-gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome) sehingga suasana hatinya tidak stabil. Ternyata tidak hanya wanita pria juga bisa mengalami berbagai gejala PMS.

IMS (Irritable Male Syndrome)  gejala PMS pada pria

Irritable male syndrome (IMS) atau yang dikenal dengan sebutan male depressive syndrome, merupakan suatu keadaan di mana pria mengalami rasa gugup, mejadi mudah gelisah atau tersinggung (irritable), kelelahan, dan depresi. Kondisi ini ternyata juga dipengaruhi oleh keadaan hormonal pria, tepatnya yaitu hormon testosteron. Adanya penurunan kadar testosteron pada pria ternyata bisa menyebabkan timbulnya gejala depresi dan kondisi mood yang buruk.

Gejala IMS pada pria

Beberapa perasaan yang sering muncul saat pria mengalami IMS sebenarnya mirip dengan gejala PMS pada wanita, antara lain:

Gejala psikis

• Marah
  • Cemas
  • Mudah marah, tersinggung, dan sensitif
  • Merasa antisosial dan depresif

Gejala fisik

• Kehilangan gairah seksual
  • Nyeri punggung
  • Sakit kepala
  • Gangguan fungsi seksual pria

Diagnosis IMS Pada Pria

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk menentukan diagnosis PMS pada pria adalah dengan pemeriksaan kadar hormon testosteron. Hal ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah, seperti bagian dari pemeriksaan kolesterol, kadar gula darah, dan yang lainnya.

Kadar hormon testosteron dalam darah dapat menjadi petunjuk bagi dokter untuk mengetahui situasi kadar hormon dalam tubuh, serta menyediakan kemungkinan penyebab dari perubahan mood yang dialami.

Selain pemeriksaan darah, pemeriksaan fisik dan wawancara mengenai gejala-gejala yang ada juga sangat diperlukan. Hal ini untuk menentukan faktor lain yang dapat mendukung terjadinya PMS pada pria.