Pria Punya Payudara? Apakah Normal?

pria punya payudara-impotensi-kliniklelaki

Sering kita menemui beberapa laki-laki yang terlihat mempunyai kelebihan di bagian dadanya. Buat pria punya payudara bisa menjadi kondisi fisik yang memalukan.

Membesarnya payudara pria bisa menjadi tanda dari adanya penyakit tertentu yang serius. Pada umumnya kondisi ini terjadi karena terdapat ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Bisa pula disebabkan oleh penyakit tertentu atau karena kelebihan berat badan akibat penumpukan lemak di daerah tersebut.

Di dalam dunia medis, pria punya payudara dikenal dengan kondisi bernama ginekomastia. Gejala utamanya yaitu terjadi pembesaran pada jaringan kelenjar payudara pria. Bagian dada terasa lebih kenyal dan meskipun tidak terasa sakit namun akan terasa lebih sensitif jika disentuh.

Iya, benar. Pria pun mempunyai kelenjar payudara seperti halnya pada wanita. Namun berkembangnya kelenjar ini dipengaruhi produksi hormon di dalam tubuh, terutama hormon estrogen. Inilah mengapa pria yang mengalami kondisi ini kemungkinan besar mengalami ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhnya. Atau bisa juga karena menderita dan mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakit lain yang pada akhirnya memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon tersebut.

Baik pria maupun wanita, di dalam tubuh kita memproduksi hormon estrogen dan testosteron. Estrogen sendiri adalah hormon yang tugas utamanya untuk mengatur karakter wanita, sedangkan testoteron mengatur karakter pria. Ginekomastia bisa terjadi karena produksi hormon estrogen yang berlebih atau bisa juga karena kurangnya tubuh dalam memproduksi hormon testosteron. Beberapa obat-obatan yang bisa mempengaruhi keseimbangan hormon diketahui bisa pula memicu ginekomastia. Contohnya seperti obat penenang, anti-depressan, obat antibiotik, obat darah tinggi, suplemen penambah massa otot dan lain sebagainya. Selain itu, beberapa penyakita juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada tubuh pria. Beberapa contohnya yaitu obesitas, hipertiroidisme, gagal ginjal, sirosis dan lain sebagainya.

Ginekomastia, sebagian besar membuat pria merasa minder dengan kondisi fisiknya. Namun tidak hanya itu, menurunnya hormon testosteron pada tubuh akan sangan mempengaruhi kejantanan dan performa Anda di atas ranjang. Hal ini meningkatkan risiko seseorang mengalami impotensi dan disfungsi ereksi di kemudian hari. Anda tentu tidak ingin mengalaminya bukan?

Konsultasikan ke dokter segera jika Anda merasakan gejala mengalami ginekomastia. Dari pemeriksaan akan diketahui lebih lanjut tentang penyebab penyakit Anda. Beberapa kasus pembesaran kelenjar payudara bisa sembuh sendiri seiring dengan waktu. Namun, untuk kasus yang lebih serius tentunya membutuhkan penanganan yang lebih serius pula.