Kenali Warna dan Kondisi Sperma yang Sehat

warna sperma
©Freepik

Warna sperma ternyata dapat dijadikan tanda beberapa masalah yang serius pada penis Anda. Oleh karena itu agar mengetahui apa yang terjadi terkait dari perubahan warna pada sperma Anda, simak artikel ini hingga selesai!

Sperma yang sehat pada umumnya memiliki warna putih keabu-abuan seperti warna awan di langit. Namun warna ini bisa berubah disebabkan oleh beberapa hal. ada sperma yang berubah warna menjadi kemerah-merahan, kuning, atau tidak berwarna/ bening.

klinik lelaki

Beragam Warna Sperma Serta Kondisinya

Sperma merupakan salah satu hal yang penting bagi pria. Selain dapat dijadikan sebagai sel untuk membuahi sel telur ternyata sperma juga bisa dijadikan indikator beberapa gangguan kesehatan di lihat dari warna. berikut ulasannya.

1. Sperma Berwarna Putih Awan

Sperma yang putih seperti awan adalah warna yang normal. ini menunjukkan  bahwa adanya sel sperma yang cukup yang terkandung di dalam air mani yang keluar saat ejakulasi.

Sperma akan tetap dalam kondisi ini sebelum mencair selama sekitar 30 menit terkena udara bebas. Sperma yang berwarna putih ini menunjukkan  bahwa testis berfungsi dengan normal.

2. Sperma Berwarna Merah

Sperma yang berwarna merah ini menunjukkan  adanya kandungan darah di dalam air mani yang keluar saat ejakulasi. Hal ini biasa dinamakan dengan Hematospermia.

Hematospermia ini menunjukkan adanya luka di dalam tubuh yang bisa saja disebabkan oleh gejala penyakit seks menular, seperti Klamidia, Gonore, atau adanya bakteri yang menyerang sistem reproduksi seorang pria.

3. Sperma Berwarna Kuning

Sperma berwarna kuning biasanya terjadi ketika seorang pria terlalu cepat mengalami ejakulasi sehingga sperma keluar di awal aktivitas seksual. Hal ini bukanlah masalah yang serius jika hanya terjadi sesekali.

Namun jika kondisi ini terjadi terus menerus, ada kemungkinan sperma berwarna kuning disebabkan oleh kandungan sel darah putih yang terlalu tinggi. Hal ini dinamakan Leukocytospermia. Jika hal ini terjadi pada anda, biasanya ada gejala fisik lain yang menyertai. Segera konsultasikan ke dokter.

4. Sperma Berwarna Bening

Sperma tidak berwarna menunjukkan bahwa kurangnya sel sperma yang terdapat di dalam air mani yang keluar saat ejakulasi. Hal ini normal terjadi jika Anda terlalu sering berhubungan seksual sehingga jumlah sperma yang diproduksi belum mencapai batas normal ketika ejakulasi terjadi.

Namun apabila Anda selalu mengalami mani bening meskipun jarang berhubungan seks maka Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Perubahan Warna Pada Sperma

Secara umum ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan warna pada sperma seseorang.

  1. Pola makan.
  2. Urine bercampur sperma.
  3. Penyakit kuning.
  4. Infeksi prostat.
  5. Leukocytospermia.

Jika air mani Anda saat ejakulasi tidak warna sperma tidak putih secara terus menerus dalam waktu yang lama, kemungkinan ada masalah kesehatan yang sedang dialami.

Sebaiknya Anda segera menemui dan berkonsultasi ke dokter terkait agar mendapatkan penanganan medis yang tepat dan segera memperbaiki kesehatan organ seksual Anda.

Tinggalkan Balasan