Sperma Berwarna Kuning? Ini Alasannya!

sperma berwarna

Sperma yang sehat biasanya berupa cairan kental berwarna putih seperti awan. Namun apa artinya jika Anda menemukan sperma berwarna lain seperti kuning, merah dan lain-lain ketika ejakulasi? Ternyata ini penyebabnya!

Sperma yang sehat dan subur dapat ditandai dari bentuk, banyaknya, serta kemampuan geraknya. Warnanya pun putih cerah atau keabuan. Ketika warna sperma tiba-tiba menjadi kuning, hal ini tentu bikin Anda khawatir. Perubahan warna sperma menjadi kuning bisa saja normal, tapi mungkin juga menandakan penyakit pada beberapa kasus.

Ketika pria berejakulasi, Pria mengeluarkan sperma bersamaan dengan air semen atau air mani. Perubahan warna pada sperma ini disebabkan oleh perubahan air mani atau bisa juga  disebabkan adanya perubahan pada sel sperma. Namun, selain itu terdapat faktor lain yang jadi penyebab sperma berubah warna.

klinik lelaki

Faktor Penyebab Sperma Berwarna Lain

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan sperma berubah warna. salah satunya pola makan, perubahan pola makan dapat menyebabkan sperma berwarna kehijauan, tindakan operasi juga bisa mengubah sperma menjadi berwarna merah. Ada juga sperma yang berubah warna menjadi kuning. lalu apakah penyebab sperma menjadi berubah warna?

1. diet /pola makan

Sperma berwarna kuning salah satu penyebabnya adalah asupan makanan yang banyak mengandung sulfur seperti bawang bombai. bisa juga disebabkan ketika Anda mengonsumsi alkohol atau makanan yang berwarna kuning maka dapat berpengaruh.

2. Penderita Penyakit kuning (jaundice)

Penderita penyakit kuning bisa juga menghasilkan sperma berwarna kuning. Proses perombakan sel darah merah menghasilkan pigmen bilirubin. Penumpukan bilirubin dalam tubuh akan membuat kulit, bagian putih mata, kuku, hingga sperma berwarna kuning.

3. Infeksi prostat

Pria dengan infeksi pada prostat bisa saja memiliki air mani berwarna kuning apabila Bakteri pada saluran kemih menyebar menuju kelenjar prostat dan menyebabkan infeksi. infeksi yang terjadi menyebabkan produksi mani menjadi berwarna kuning atau kehijauan.

4. Leukocytospermia

Leukocytospermia adalah keadaan dimana air mani mengandung banyak sel darah putih. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma dan air mani pun berubah warna menjadi kuning.

Apakah Sperma Berwarna Kuning Artinya Tidak Subur?

Seperti pembahasan sebelumnya. Bahwa sperma dengan warna kuning ada banyak penyebabnya. Jika memang sperma Anda yang berwarna kuning terjadi ketika Anda berejakulasi tidak terlalu lama dari waktu Anda buang air kecil makan hal ini bukan lah hal yang mengkhawatirkan.

Begitu juga jika Anda memang banyak mengonsumsi makan yang berwarna kuning atau mengandung sulfur. hal ini hanyalah disebabkan oleh konsumsi makanan Anda yang memang menyebabkan air mani menjadi kuning. Namun, bisa juga Anda mengalami Leukocytospermia maka hal ini adalah sebuah peringatan untuk Anda.

Kondisi Leukocytospermia Kondisi ini terjadi akibat tingginya jumlah sel darah putih dalam air mani. Jika tidak ditangani, Leukocytospermia bisa merusak sperma dan menurunkan kualitasnya. Tentu sperma yang kurang sehat tidak memiliki kemampuan membuahi sel telur sebaik sperma yang sehat. 

Sperma berwarna kuning bisa disebabkan banyak hal baik yang tidak mengkhawatirkan maupun menandakan suatu penyakit pada tubuh pria. Jika Anda merasa bahwa perubahan warna sperma Anda cukup mengkhawatirkan. Segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Referensi:
Hellosehat.com

Ilustrasi gambar by Unsplash

Tinggalkan Balasan